Polling Institute: Gibran Paling Unggul dalam Debat Cawapres Akhir 2023

Politik
1
Cindy Mutia Annur 04/01/2024 17:25 WIB
Penilaian Publik terhadap Penampilan Cawapres dalam Debat (Desember 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Polling Institute, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) paling unggul dalam acara Debat Pilpres seri kedua yang digelar 22 Desember 2023.

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim mengatakan, Gibran unggul cukup telak dengan angka 54,6%.

"Dari mereka yang menyaksikan debat tersebut, kami tanyakan kembali, cawapres mana yang tampil paling baik dalam acara debat tersebut, ini kami temukan Mas Gibran unggul ketimbang dua cawapres lainnya," kata Kennedy dalam konferensi pers online, Rabu (3/1/2024).

Di bawah Gibran ada Mahfud MD yang memperoleh suara 25,3%, dan Muhaimin Iskandar 16%. Sementara responden yang tidak tahu atau tidak menjawab ada 4,2%.

Survei ini juga mencatat penilaian responden tentang cawapres mana yang punya program kerja paling bagus. Hasilnya, mayoritas responden kembali memilih Gibran.

"Ini juga Mas Gibran lagi-lagi unggul, sekitar 50% (suara responden)," kata Kennedy.

Dalam hal program kerja, Mahfud kembali masuk posisi kedua dengan 20,3% suara, sedangkan Muhaimin 18,2%. Responden yang tidak tahu atau tidak menjawab 11,9%.

Kemudian dalam hal penyampaian pendapat atau menjawab pertanyaan debat, mayoritas responden menilai Gibran yang terbaik, dengan angka 50,1%. Sementara yang memilih Mahfud 27,7%, dan Muhaimin 18,3%.

Ada pula survei untuk kategori cawapres yang paling menguasai persoalan dalam debat. Hasilnya, Gibran masih unggul di angka 47%, Mahfud 31,9%, dan Muhaimin 16,6%.

"Lalu, cawapres mana yang paling meyakinkan, ini Mas Gibran di 48,9%, unggul dari Mahfud MD 30,4%, dan Muhaimin Iskandar 16,9%," ujar Kennedy.

Survei Polling Institute ini digelar pada 26-28 Desember 2023 melalui wawancara telepon.

Survei melibatkan 1.246 responden yang dipilih melalui kombinasi metode Random Digit Dialing (RDD) 280 responden, dan Double Sampling (DS) 996 responden.

RDD adalah proses pembangkitan nomor telepon secara acak, sedangkan DS adalah pengambilan sampel secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap muka periode sebelumnya.

Sasaran sampel survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, dan memiliki telepon.

Responden diasumsikan mewakili sekitar 83% dari total populasi nasional, dengan margin of error 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Litbang Kompas: Banyak Orang Tak Ubah Pilihan Usai Tonton Debat Cawapres)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua