Survei KedaiKOPI: Responden Lebih Pilih Presiden yang Dukung Potensi Anak Muda

Politik
1
Cindy Mutia Annur 06/12/2023 18:26 WIB
Gambaran Presiden yang Mendukung Anak Muda Menurut Responden (November 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menunjukkan, sebanyak 1.187 dari 1.269 responden memilih presiden yang mendukung anak muda.

Dari 1.187 responden tersebut, mayoritas atau sebanyak 52,7% responden menilai bahwa presiden yang pro-anak muda adalah sosok yang paham dan peduli pada potensi atau pengembangan anak muda.

Kemudian ada 21,7% responden menilai bahwa presiden yang mendukung anak muda yaitu sosok yang mendengarkan aspirasi dan membuat program pro-rakyat.

Penilaian responden mengenai gambaran presiden yang pro-anak muda berikutnya adalah pintar dan melakukan kerja nyata dengan proporsi masing-masing 7,2% dan 7,1%.

Kemudian, penilaian responden mengenai presiden yang mendukung anak muda memiliki kepribadian yang baik, visioner, bertanggung jawab, jujur, seperti Prabowo Subianto, bijaksana, berpengalaman, berwibawa, adil, berani, dan kreatif memiliki proporsi lebih kecil, yaitu berkisar antara 1,3% sampai 6,4%.

Survei Kedai KOPI tersebut dilakukan dalam program Mobil Ide Rakyat yang berlangsung sejak 18-25 November 2023. Mobil Ide Rakyat merupakan program untuk menangkap aspirasi masyarakat, khususnya generasi muda terhadap Pemilihan Umum 2024.

Survei dilakukan di tiga provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Titik survei ditentukan oleh tim survei dengan total responden berjumlah 1.269 orang.

Tim survei datang ke lima titik di tiga provinsi itu, yaitu Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta; Blok M, Jakarta. Selain itu di Jalan Braga, Bandung; Universitas Singaperbangsa, Karawang; Universitas Negeri Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan.

Mayoritas responden berasal dari kalangan Gen Z (78,1%), lalu disusul generasi milenial (15,6%), gen X (5,6%), dan generasi boomer (0,7%). Pelajar/mahasiswa mendominasi pekerjaan responden (52,3%), disusul karyawan swasta (23,9%), dan freelancer (8,4%).

(Baca: Ini Kualitas Diri Capres-Cawapres yang Dianggap Mewakili Anak Muda RI)

Data Populer
Lihat Semua