Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Naik Jadi Rp200 Ribu per Desember 2023

Transportasi & Logistik
1
Nabilah Muhamad 27/11/2023 13:36 WIB
Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung Berdasarkan Hari (Desember 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menerapkan tarif promo baru mulai 1 Desember 2023. Hal ini seiring dengan berakhirnya masa promo tiket kereta cepat Whoosh sebesar Rp150.000 pada 30 November 2023 mendatang. 

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, skema promo tiket kereta cepat Whoosh ini dibagi menjadi dua waktu, yakni seharga Rp200.000 untuk Senin-Kamis dan Rp250.000 untuk Jumat-Minggu.

Tiket promo ini berlaku untuk kelas Premium Economy dan sudah termasuk perjalanan kereta api (KA) Feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung dan sebaliknya. 

"Kereta Cepat Whoosh adalah layanan kereta komersial sehingga penetapan tarifnya akan menggunakan strategi dynamic pricing dan mengikuti demand penumpang, saat high season atau low season," kata Dwiyana dalam keterangan resminya, Jumat (24/11/2023). 

Dwiyana menyebut, kenaikan harga tersebut merupakan langkah perseoran untuk mengoptimalkan layanan, mengelola kapasitas secara efektif, serta mempertahankan standar layanan. 

Selain kenaikan harga, KCIC juga meningkatkan jumlah perjalanan harian Whoosh menjadi 40 perjalanan untuk Senin-Kamis dan 48 perjalanan pada Jumat-Minggu. 

Adapun sejak awal beroperasi pada 17 Oktober hingga 22 November 2023, kereta cepat Whoosh telah melayani 491 ribu penumpang dengan okupansi rata-rata mencapai 80-90% di setiap rangkaian. 

Rata-rata penumpang tertinggi mencapai 21 ribu orang per hari saat akhir pekan dan 18 ribu orang per hari saat hari kerja.  

"Peningkatan volume penumpang dan okupansi yang tinggi pada setiap perjalanan kereta menunjukan bahwa tingkat kepercayaan dan minat masyarakat sangat positif untuk menjadikan kereta cepat Whoosh transportasi pilihan," kata Dwiyana dalam keterangannya. 

(Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Raih 21 Ribu Penumpang Sehari, Ini Kelas Tiket Terlaris)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua