Pengiriman Smartphone RI Tumbuh 8,8% per Kuartal III-2023, OPPO Terlaris

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 21/11/2023 19:12 WIB
Pengiriman Smartphone di Indonesia pada Kuartal III (2022-2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan International Data Corporation (IDC) menunjukkan, pasar ponsel pintar alias smartphone di Indonesia kembali bangkit menjelang akhir tahun ini. Tercatat, total penjualan smartphone RI mencapai 8,9 juta unit sepanjang kuartal III-2023, tumbuh 8,8% dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy).

Associate Market Analyst IDC Indonesia Vanessa Aurelia mengatakan, pertumbuhan pengiriman smartphone di dalam negeri pada kuartal lalu terlihat di semua segmen harga, utamanya dipimpin oleh smartphone dengan harga lebih tinggi di atas US$600.

Selain itu, Vanessa menyebut pertumbuhan didorong oleh peluncuran smartphone lipat baru dari Samsung dan pengiriman iPhone 13 dan iPhone 14 dari Apple.

“Segmen kelas menengah (dengan harga) sebesar US$200 sampai US$600 juga tumbuh sebesar 16,8% secara tahunan (yoy), didorong oleh Samsung, Apple, dan Oppo seiring para vendor memperkuat portofolio mereka di segmen ini,” kata Vanessa dalam siaran pers dilansir dari laman IDC, Kamis (16/11/2023).

Kemudian segmen kelas bawah dengan harga di bawah US$200 tumbuh 2,7% secara tahunan (yoy) setelah mengalami penurunan selama beberapa kuartal, dengan persaingan yang ketat antara Transsion, vivo, Xiaomi, dan realme.

Vanessa melanjutkan, vendor yang berfokus pada segmen harga lebih tinggi yang lebih menguntungkan mendorong harga jual rata-rata (ASP) ke pertumbuhan kuartal kedelapan berturut-turut, dengan kenaikan sebesar 9% secara tahunan (yoy) pada kuartal III-2023 menjadi US$205.

Vanessa mengatakan, IDC melihat adanya pemulihan pengiriman smartphone di Indonesia pada kuartal III-2023. Namun, menurut dia, vendor tetap diharapkan untuk terus berhati-hati dalam menyusun strategi langkah mereka untuk mencegah persediaan berlebihan di perangkat mereka. Hal ini berkaca dari hasil laporan pengiriman smartphone di Tanah Air yang masih melambat.

“Pengiriman smartphone sepanjang tahun 2023 diperkirakan akan tetap lebih rendah, atau paling banter tetap, jika dibandingkan dengan tahun 2022,” kata Vanessa.

 

Oppo Smartphone Terlaris RI

Laporan IDC menunjukkan, Oppo menggeser posisi Samsung menjadi vendor smartphone terlaris di Indonesia pada kuartal III-2023.

Pengiriman smartphone Oppo mencapai 1,8 juta unit sepanjang kuartal III-2023 atau turun 4,4% dari kuartal III-2022 (yoy) yang sebanyak 1,9 juta unit. 

“Oppo kembali meraih peringkat pertama setelah sebelumnya tergeser, dengan berbagai rilis model baru yang mendorong pertumbuhan di berbagai segmen harga,” kata Vanessa.

Samsung menempati peringkat kedua dengan mengirimkan smartphone sebanyak 1,4 juta unit. Pengiriman smartphone asal Korea Selatan ini memiliki penurunan terdalam yaitu sebesar 17,8% secara tahunan (yoy).

Selanjutnya, Transsion menempati peringkat ketiga dengan mengirimkan 1,4 juta unit smartphone atau melonjak 79,7% (yoy). Kemudian, Xiaomi mencatatkan pengiriman smartphone sebanyak 1,3 juta unit atau naik 17,9% (yoy).

Berikutnya, pengiriman smartphone vivo menurun 16,9% dari 1,5 juta unit menjadi 1,3 juta unit pada kuartal III-2023. Sementara, jumlah pengiriman smartphone vendor lainnya melonjak 50% (yoy) dari 1,1 juta unit menjadi 1,7 juta unit pada kuartal III-2023.

(Baca: Samsung Merajai Penjualan Smartphone Global pada Kuartal III 2023)

Data Populer
Lihat Semua