Ini Partai Politik yang Mewakili Anak Muda menurut Survei KIC

Politik
1
Adi Ahdiat 14/11/2023 16:00 WIB
Partai Politik yang Paling Merepresentasikan Anak Muda menurut Responden (Oktober 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) paling banyak dipersepsikan sebagai partai politik yang mewakili anak muda.

Hal ini tercatat dalam laporan hasil survei nasional Katadata Insight Center (KIC) yang bertajuk Politik di Mata Anak Muda: Persepsi dan Kecenderungan Gen Z & Milenial terhadap Capres, Parpol, dan Kampanye Pemilu 2024.

(Baca: Jakarta, Lumbung Suara Terbesar PSI pada Pemilu 2019)

Menurut survei KIC, dari 1.005 responden, ada 600 responden (59,7%) yang menganggap saat ini ada partai politik yang merepresentasikan anak muda.

Dari 600 responden tersebut, mayoritasnya atau 37,2% menilai yang paling mewakili anak muda adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Di bawahnya ada Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan perolehan 13,2%, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 9,6%.

"Partai-partai tersebut dianggap menyuarakan kepentingan anak muda dan menggunakan cara-cara kampanye yang disukai anak muda," kata Manager Survei KIC Satria Triputra Wisnumurti, dalam keterangan tertulis, Selasa (14/11/2023).

Sementara, responden yang menganggap partai-partai lain sebagai representasi anak muda proporsinya lebih sedikit, dengan rincian seperti terlihat pada grafik.

"Survei online nasional yang digelar KIC bertujuan menggali persepsi anak muda terhadap dinamika politik di Tanah Air menjelang pemilihan umum," kata Satria.

"Suara anak muda (Gen Z dan Milenial) perlu diakomodir oleh partai politik dan pasangan capres-cawapres karena jumlah mereka mencapai 113 juta, atau hampir 57% dari total daftar pemilih tetap, sehingga bisa menjadi penentu kemenangan," lanjutnya.

Survei KIC ini dilakukan pada 11-17 Oktober 2023 terhadap 1.005 responden yang tersebar di 34 provinsi Indonesia secara proporsional.

Seluruh responden adalah anak muda, yakni Gen Z usia 17-26 tahun (50,4%) dan Milenial usia 27-42 tahun (49,6%), yang memiliki nomor telepon seluler.

Survei dilakukan menggunakan data collection tSurvey yang mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight.

Survei ini memiliki margin of error +/- 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Asas Partai Peserta Pemilu 2024: Pancasila, Islam, dan Welfare State)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua