Survei Populi: Prabowo-Gibran Jauh Ungguli Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin

Politik
1
Cindy Mutia Annur 10/11/2023 13:34 WIB
Elektabilitas Tiga Pasangan Bakal Capres dan Cawapres (Oktober-November 2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Populi Center menunjukkan, elektabilitas pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tertinggi dalam simulasi Pilpres 2024. Proporsinya menyentuh 43,1% dari total responden. 

Di urutan kedua ada Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan suara sebesar 23%, sementara di urutan ketiga ada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin 22,3%

Sisanya ada 10% responden yang belum memutuskan pasangan yang dipilih, sedangkan 1,6% responden menolak menjawab pertanyaan survei.

Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati mengatakan, terdapat selisih angka yang cukup jauh antara pasangan bakal capres-cawapres urutan pertama dan kedua. Menurutnya hasil survei ini bisa menjadi masukan kepada para kandidat agar mempertahankan atau meningkatkan elektabilitasnya.

“Tentu ini menjadi salah satu pekerjaan rumah bagi masing-masing kandidat bagaimana (agar) bisa menjaga atau meningkatkan suara atau menyusul perolehan elektabilitas dari pasangan lainnya,” kata Hartanto dalam konferensi pers online di YouTube Populi Center, Kamis (9/11/2023).

Survei ini dilakukan pada 29 Oktober-5 November 2023 terhadap 1.200 responden yang mewakili demografi seluruh provinsi di Indonesia. Survei dilakukan secara tatap muka dengan aplikasi Populi Center.

Pemilihan sampel dilakukan dengan multistage random sampling dan tingkat kesalahan (margin of error) kurang lebih 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Charta Politika: Elektabilitas Ganjar-Mahfud Bersaing Ketat dengan Prabowo-Gibran)

Data Populer
Lihat Semua