9 AI Pembuat Teks yang Banyak Digunakan pada 2022

Teknologi & Telekomunikasi
1
Nabilah Muhamad 10/11/2023 11:25 WIB
9 Artificial Intelligence/AI Pembuat Teks dengan Panga Pasar Terbesar* (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ada beragam teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang bisa membantu pekerjaan manusia, salah satunya dalam pembuatan teks atau tulisan.

Menurut survei Statista Market Insight, AI pembuat teks (AI text generation tool) yang paling banyak digunakan adalah ChatGPT dengan pangsa pasar 19,7% pada 2022. Survei ini melibatkan pasar pengguna AI di Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Jerman.

"Saat ini ChatGPT memimpin dalam hal perkiraan jumlah pengguna, dan telah berkembang signifikan di area yang bergerak sangat cepat," tulis Statista dalam laporannya.

ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI ini mampu membuat teks, menerjemahkan bahasa, hingga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan penggunanya.

Berikutnya ada Jasper Chat, perangkat chatbot AI asal Texas, AS. Meski baru diluncurkan pada Desember 2022, pangsa pasarnya mampu mencapai 13,14% pada tahun lalu.

Kemudian YouChat menjadi AI pembuat teks dengan panga pasar terbesar ketiga, yaitu 12,13%. Diikuti oleh DeepL, mesin penerjemah berbasis AI yang meraih pangsa 12,1%.

Setelahnya ada AI pembuat teks lain seperti Perplexity, Typehero, Writesonic, Neuroflash, dan Simplified dengan pangsa pasar seperti terlihat pada grafik.

(Baca juga: Deretan Aplikasi AI Paling Banyak Digunakan di Indonesia, ChatGPT Teratas)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua