10 Kue Terpopuler di Asia, Kue Putu dan Kue Lapis Masuk Daftar

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 06/11/2023 20:00 WIB
Skor 10 Kue Terpopuler di Asia Versi Taste Atlas (2 November 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Situs panduan kuliner dunia asal Kroasia, Taste Atlas, merilis daftar 10 kue terpopuler di Asia pada November 2023.

Dalam daftar tersebut, ada beberapa kue khas Indonesia, salah satunya adalah kue putu yang meraih skor 4,3 dari skala 5 poin. Torehan skor tersebut menempatkan kue putu sebagai kue terpopuler ketiga di Asia versi Taste Atlas.

Kue putu terbuat dari tepung ketan yang diwarnai dengan daun pandan dan bagian tengahnya diisi gula aren. Kue putu dikukus dan disajikan bersama parutan kelapa. Kue tradisional ini biasanya dijual oleh pedagang kaki lima.

Selain kue putu, kue tradisional Indonesia lain yang masuk daftar ini adalah kue lapis dan lapis legit, yang masing-masing mendapatkan skor 4,1 dan 3,8 poin. 

"Kue lapis adalah makanan penutup tradisional Indonesia yang juga populer di Malaysia, Suriname, Brunei, dan Singapura," tulis Taste Atlas dalam laporannya.

Kue lapis memiliki tekstur kenyal yang terbuat dari tepung beras, sagu, gula, santan, dan beberapa pewarna makanan untuk membuat lapisannya berwarna. 

Sedangkan lapis legit merupakan kue tradisional Indonesia yang terdiri dari 18-30 lapisan. Sesuai namanya, kue ini memiliki rasa legit yang terbuat dari campuran kuning telur, gula, tepung, dan mentega.

"Pada dasarnya lapis legit ini adalah versi Indonesia dari split cake Eropa, namun tidak dipanggang di atas loyang yang berputar, melainkan di loyang berbentuk persegi," kata Taste Atlas.

Adapun peringkat pertama kue terpopuler Asia ditempati oleh Japanese cheesecake. Keik tradisional asal Jepang ini memperoleh skor 4,4 dari 5 poin.

Taste Atlas menjelaskan, kue yang kerap dijadikan hidangan penutup itu memiliki tekstur seperti spons dan lebih lembut dari cheesecake biasanya.

Umumnya, Japanese cheesecake dibuat dengan cara memasukkan putih telur yang telah dikocok ke dalam adonan kue (telur, susu, gula, dan krim keju), lalu dipanggang dengan teknik bain-marie.

"Kue ini diciptakan oleh koki Jepang Tomotaro Kuzuno yang pergi ke Jerman pada tahun 1960-an dan menemukan käsekuchen, yaitu sejenis cheesecake dari Jerman," kata Taste Atlas.

Berikut daftar lengkap 10 kue terpopuler di Asia versi Taste Atlas per 2 November 2023:

  1. Japanese cheesecake (Jepang): 4,4 poin
  2. Bibingka (Filipina): 4,3 poin
  3. Kue putu (Indonesia: 4,3 poin
  4. Kasutera (Jepang): 4,2 poin
  5. Kue lapis (Indonesia): 4,1 poin
  6. Sans rival (Filipina): 4,1 poin
  7. Banh da lon (Vietnam): 3,9 poin
  8. Lapis legit (Indonesia): 3,8 poin
  9. Banh chuoi (Vietnam): 3,8 poin
  10. Kutsinta (Filipina): 3,7 poin

(Baca juga: Serabi dan Pisang Goreng Masuk 10 Jajanan Manis Terbaik di Dunia Versi Taste Atlas Juni 2023)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua