Pembeli iPhone Lebih Suka Mencicil daripada Pelanggan Android

Teknologi & Telekomunikasi
1
Nabilah Muhamad 04/11/2023 13:48 WIB
Proporsi Metode Pembayaran Responden Pembeli iPhone dan Android di Amerika Serikat (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga riset pasar Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) mengkaji metode pembelian gadget di antara pelanggan iPhone dan Android di Amerika Serikat.

Hasil penelitian menunjukkan, pembeli iPhone atau iOS di negara tersebut lebih suka membeli smartphone secara mencicil ketimbang konsumen Android.

Tercatat, 55% pembeli iPhone yang menggunakan metode cicilan bulanan saat membeli unit baru. Sedangkan, hanya 44% pembeli Android yang menggunakan metode tersebut.

CIRP menjelaskan, saat ini sudah banyak operator telekomunikasi yang menawarkan cicilan iPhone baru dengan uang muka yang besar dan harus terikat kontrak selama dua tahun.

Selain itu, adanya kemudahan untuk tukar-tambah smartphone dengan metode pembayaran cicilan juga menjadi salah satu faktor pendorongnya.

"Kombinasi harga yang lebih tinggi dan nilai tukar tambah yang lebih tinggi kemungkinan mendorong lebih banyak pembeli iPhone untuk mencicil pembelian," tulis CIRP dalam laporannya, Jumat (01/11/2023).

Sementara, proporsi responden yang melakukan pembelian dengan pembayaran penuh atau full payment didominasi oleh pembeli Andorid, yaitu sebanyak 49%. Responden pembeli iPhone yang membayar kontan hanya 38%.

Sisanya, terdapat metode pembayaran lainnya yang dipilih 7% responden pembeli iPhone maupun Android.

Adapun data ini berasal survei kuartalan CIRP terhadap pelanggan ponsel di Amerika Serikat.

(Baca juga: Pengguna iPhone vs Android, Siapa yang Paling Sering Ganti HP?)

Data Populer
Lihat Semua