Ada 14 Kasus Aktif Cacar Monyet di Indonesia pada Akhir Oktober 2023

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Nabilah Muhamad 27/10/2023 16:40 WIB
Perkembangan Kasus Cacar Monyet/Monkeypox di Indonesia (26 Oktober 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, ada 14 kasus terkonfirmasi positif cacar monyet atau monkeypox di Indonesia hingga 26 Oktober 2023.

Angka tersebut merupakan akumulasi dari jumlah kasus yang terkonfirmasi sepanjang tahun ini, sejak pertama kali dilaporkan pada 13 Oktober 2023.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan, ada 13 kasus pasien positif cacar monyet yang mengalami gejal, sedangkan 1 kasus positif tidak bergejala.

"Paling banyak itu ada (gejala) lesi pada kulit, disertai demam, pembengkakan kelenjar terutama di lipatan paha, sakit saat menelan, nyeri tenggorokan, nyeri otot, kemudian ada menggigil," ujar Maxi dalam konferensi pers virtual, Kamis (26/10/2023).

Maxi juga mengungkapkan terdapat 17 kasus terkonfirmasi negatif atau discarded, 9 kasus suspek, dan 2 kasus lainnya yang masih berstatus probable.

"Probable artinya ada kontak dengan penderita, tetapi belum diambil sampel laboratoriumnya. Sedangkan suspek ada gejala yang sama, sudah diambil sampel, dan kita akan tunggu hasil laboratoriumnya," papar Maxi.

Jika dilihat berdasarkan usianya, sebanyak 64% penderita cacar monyet berusia antara 25-29 tahun, dan 36% berusia 30-39 tahun. Seluruhnya merupakan laki-laki yang tertular atau menularkan melalui kontak seksual.

Dalam upaya penanggulangan penyakit cacar monyet, Kemenkes melakukan sejumlah usaha seperti memperketat surveilans dengan melakukan penyelidikan epidemiologi, pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) terhadap kasus terkonfirmasi, serta melakukan notifikasi ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kami butuh sekali keterbukaan kelompok yang positif ini. Kalau mereka terbuka, kami akan sangat gampang sekali melakukan tracing," tutur Maxi.

Kemenkes menyebut, pihaknya melakukan vaksinasi cacar monyet pertama terhadap 477 orang prioritas mulai 24 Oktober 2023. Vaksinasi ini dilaksanakan di sejumlah fasilitas kesehatan yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

(Baca juga: Kemenkes Catat Ada 7 Kasus Cacar Monyet di Jakarta, Ini Sebaran WIlayahnya)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua