Kaesang Jadi Ketum PSI, Hal Baik atau Dinasti Politik? Ini Menurut Publik

Politik
1
Nabilah Muhamad 20/10/2023 13:14 WIB
Proporsi Persepsi Responden Terhadap Terpilihnya Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI (Oktober 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep ditetapkan sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada 25 September 2023 lalu. Penunjukkan dilakukan hanya dua hari setelah Kaesang bergabung dan menerima kartu tanda anggota partai tersebut.

Terjunnya Kaesang ke dunia politik, terutama menjadi Ketum PSI, mendapat respons beragam dari masyarakat. Katadata Insight Center (KIC) melakukan survei dan menghimpun persepsi publik atas isu tersebut. 

Hasil survei menunjukkan, sebanyak 38,7% responden menilai bahwa posisi Kaesang di PSI akan membawa dampak positif bagi politik di Indonesia karena merepresentasikan anak muda melek politik.

Kemudian, 36,6% responden menganggap posisi Kaesang sebagai Ketum PSI merupakan hal yang umum terjadi dalam politik.

Ada pula 20% responden yang merasa keberadaan Kaesang sebagai petinggi partai politik adalah hal yang negatif karena memunculkan dinasti politik. Sisanya, 4,7% responden menyebutkan pendapat lainnya terkait posisi Kaesang di PSI.

Survei KIC juga menemukan bahwa mayoritas atau 62,2% responden mengaku terpilihnya Kaesang sebagai Ketum PSI tidak menentukan arah politik mereka. Sehingga mereka tidak akan memilih partai tersebut. 

Sementara itu, sebanyak 37,8% responden mengaku kehadiran Kaesang akan mempengaruhi mereka untuk memilih PSI. 

Adapun survei yang dilakukan KIC ini melibatkan 1.178 responden yang tersebar di seluruh Indonesi dengan proporsi 53,8% responden perempuan dan 46,2% responden laki-laki.

Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa (77%), kemudian di Sumatra (11,6%) dan Sulawesi (4,2%). Sementara, proporsi responden yang berasal dari Kalimantan, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua berada di rentang 0,9-6,6%.

Mayoritas responden berasal dari kelompok usia antara 25-34 tahun (55,3%), diikuti kelompok 35-44 tahun (24,7%) dan kelompok 45-54 tahun (7,9%).

Koleksi data dilakukan pada 10-11 Oktober 2023 secara online, dan responden diminta untuk mengisi form secara mandiri.

(Baca juga: Survei KIC: Hampir 60% Warga Setuju Kaesang Jadi Ketua Umum PSI)

Data Populer
Lihat Semua