Apa Pekerjaan Jokowi Usai Jadi Presiden? Ini Pendapat Warga

Politik
1
Nabilah Muhamad 19/10/2023 14:37 WIB
Karier Ideal untuk Jokowi Usai Menjabat Presiden menurut Responden (Oktober 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ada cukup banyak orang yang ingin Jokowi melanjutkan karier politik, setelah masa jabatannya sebagai Presiden RI berakhir pada 20 Oktober 2024.

Hal ini terlihat dalam laporan Survei Persepsi terhadap Kondisi Politik Terkini edisi Oktober 2023 dari Katadata Insight Center (KIC).

Menurut survei KIC, 28,7% responden menilai Jokowi idealnya menjadi Ketua Umum PDIP usai menjabat presiden.

Kemudian 20,7% menyatakan Jokowi sebaiknya menjadi bagian Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) untuk periode kepemimpinan selanjutnya.

Namun, ada juga 18,2% responden yang menilai mantan pengusaha mebel itu baiknya kembali aktif di dunia bisnis, dan 13,4% berpendapat Jokowi tak perlu melanjutkan karier politik.

Sementara responden lainnya mengajukan pilihan karier sebagai pimpinan PDIP, ketua umum partai politik, atau mendirikan dan menjadi ketua umum partai politik baru, dengan proporsi seperti terlihat pada grafik.

Terlepas dari pendapat warga tersebut, Jokowi mengaku ingin pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, setelah tak lagi menjabat presiden.

"Saya mau pensiun pulang ke Solo," kata Jokowi di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (5/10/2023).

Terkait isu Ketua Umum PDIP, Jokowi pun menilai masih banyak tokoh muda yang dapat menduduki posisi tersebut, seperti Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo.

"Banyak yang muda-muda, Mbak Puan, Mas Prananda," ujarnya.

Survei KIC ini dilakukan terhadap 1.178 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan proporsi 53,8% responden perempuan dan 46,2% responden laki-laki.

Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa (77%), kemudian di Sumatra (11,6%) dan Sulawesi (4,2%). Sementara, proporsi responden yang berasal dari Kalimantan, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua berada di rentang 0,9-6,6%.

Sebagian besar responden berasal dari kelompok usia antara 25-34 tahun (55,3%), diikuti kelompok 35-44 tahun (24,7%) dan kelompok 45-54 tahun (7,9%).

Pengambilan data dilakukan pada 10-11 Oktober 2023 secara online, dan responden diminta untuk mengisi form secara mandiri.

(Baca juga: Survei KIC: Banyak Warga Setuju Jokowi Jadi Ketua Umum PDIP)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua