Tren Pengunjung E-Commerce Kuartal III 2023, Shopee Kian Melesat

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 11/10/2023 19:01 WIB
Rata-rata Jumlah Kunjungan ke 5 Situs E-Commerce Terbesar di Indonesia (Kuartal I-Kuartal III 2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data SimilarWeb, 5 situs e-commerce kategori marketplace dengan pengunjung terbanyak di Indonesia kuartal III 2023 adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak.

Adapun dari 5 situs tersebut, pertumbuhan pengunjung hanya terjadi di situs Shopee dan Blibli, sedangkan para pesaingnya cenderung melemah.

Situs Shopee tercatat meraih rata-rata 216 juta kunjungan per bulan sepanjang kuartal III 2023. Capaian ini melesat sekitar 30% dibanding rata-rata kunjungan pada kuartal II 2023 (quarter-on-quarter/qoq).

Dalam periode sama, rata-rata kunjungan ke situs Blibli naik 5% (qoq), sedangkan Tokopedia turun 9% (qoq), Lazada anjlok 30% (qoq), dan Bukalapak merosot 21% (qoq).

Rincian angka rata-rata kunjungan per kuartalnya dapat dilihat pada grafik di atas.

(Baca: Banyak Warga RI Tak Gunakan E-Commerce, Jualan Offline Tetap Penting)

Adapun menurut Katadata Insight Center (KIC), sebagian besar masyarakat Indonesia memang belum aktif menggunakan layanan e-commerce.

Dalam laporan riset Beyond the Digital Frontier, KIC memperkirakan proporsi pengguna aktif e-commerce di dalam negeri hanya 33,4% dari total penduduk.

Kemudian 17% penduduk termasuk occasional user, yakni menggunakan e-commerce tapi intensitasnya jarang, dan mayoritas atau 49,6% penduduk sisanya adalah non-pengguna e-commerce.

Kelompok non-pengguna itu adalah gabungan dari penduduk Indonesia yang tidak memiliki akses internet, ditambah penduduk yang punya akses internet tapi tidak tahu, tidak menginstal aplikasi, dan tidak menggunakan e-commerce.

Dari data ini, KIC menilai bahwa saluran penjualan online tak bisa dijadikan satu-satunya tumpuan dalam berbisnis di Indonesia.

"Hanya fokus pada saluran online berarti mengabaikan lebih dari separuh konsumen Indonesia," kata tim KIC. 

"Meskipun saluran online penting untuk pertumbuhan di era digital ini, market leaders adalah mereka yang memiliki akar kuat di saluran offline," lanjutnya.

(Baca: Jualan Online vs Offline, Mana yang Jadi Prioritas Pelaku Usaha?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua