Survei Poltracking: Prabowo Ungguli Anies dan Ganjar di Jawa Barat

Politik
1
Cindy Mutia Annur 11/10/2023 11:10 WIB
Elektabilitas Bakal Calon Presiden di Jawa Barat (September 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei terbaru survei Poltracking menunjukkan, elektabilitas Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) mengungguli Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Jawa Barat.

"Temuan Poltracking mencatat Prabowo unggul di Jawa Barat dibandingkan dua kandidat lain, disusul Anies dan belakangnya Ganjar," kata Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi dalam konferensi pers secara daring di akun YouTube Poltracking, Selasa (10/10/2023).

Arya mengatakan, Prabowo menempati  posisi teratas dengan elektabilitas 44,2%. Kemudian, Anies berada di posisi kedua dengan elektabilitas 25%, sedangkan Ganjar harus puas di posisi ketiga dengan elektabilitas 21,8%.

Sisanya, 9% responden mengatakan tidak tahu atau tak menjawab pertanyaan survei.

Menurut Arya, keikutsertaan Prabowo dalam Pemilihan Presiden alias Pilpres 2014 dan 2019 berdampak pada elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra tersebut di Jawa Barat.

"Secara metodologi Pak Prabowo masih unggul. Apalagi, kalau kita flashback 2019 di mana Prabowo sudah kontes di sana (Pilpres), 2014 sudah kontes. Prabowo mendapat suara hampir 60% tentu tidak mengagetkan dengan angka ini," kata Arya.

Adapun secara tren, Arya melanjutkan, elektabilitas ketiga bacapres mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan survei Poltracking pada Juni 2023 lalu.

Pada saat itu, elektabilitas Prabowo berada di angka 38,5%, lalu Anies di angka 22%, dan Ganjar dengan angka 20,2%. "Prabowo naik 5,7%, Anies 3%, dan Ganjar 1,6%," kaata Arya.

Poltracking melibatkan 1.000 orang responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah pada survei yang digelar pada 25 September-1 Oktober 2023. Survei ini memiliki tingkat kesalahan (margin of error) sekitar 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Selain Poltracking, hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA juga menunjukkan bahwa Prabowo unggul di Jawa Barat. Survei itu menunjukkan, Prabowo unggul di 3 dari 5 provinsi terbesar Indonesia, yaitu di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.

(Baca: LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo Unggul di 3 Provinsi Terbesar Indonesia)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua