10 Kota Paling Padat Turis di Dunia pada 2023, Ada Indonesia?

Pariwisata
1
Nabilah Muhamad 26/09/2023 12:21 WIB
10 Kota Paling Padat Turis di Dunia versi Money Transfer (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Money Transfer, situs penyedia pengiriman uang global, baru saja merilis daftar kota paling padat turis di dunia 2023. 

Untuk mendapatkan pemeringkatan ini, Money Transfer menggunakan data kedatangan internasional dari studi Euromonitor. Selain itu, tim menghimpun semua data dan angka populasi dari negara-negara yang paling banyak dikunjungi menurut World Population Review. 

Kemudian data tersebut digunakan untuk menghitung estimasi jumlah turis per penduduk di setiap kota dari berbagai penjuru dunia. 

Walhasil, Phuket, Thailand, menduduki peringkat pertama sebagai kota dengan turis terpadat tahun ini. Jumlah turis yang mengunjunginya ditaksir mencapai 118,5 turis per penduduk.

Dalam laporan ini disebutkan bahwa jutaan wisatawan terbang ke Phuket untuk melanjutkan perjalanan ke pantai dan pulau-pulau yang berada di dekatnya. 

"Sehingga meskipun kota ini sangat ramai dikunjungi, tidak banyak wisatawan yang menetap di kota ini untuk waktu yang lama," tulis tim Money Transfer dalam laporannya. 

Selain Phuket, terdapat dua kota di Thailand lainnya yang tercatat dipadati oleh turis. Di antaranya Pattaya dengan jumlah turis sebanyak 118,5 turis per penduduk dan Krabi dengan 72,2 turis per penduduk.

"Thailand adalah tujuan populer bukan hanya karena keindahan alamnya dan pariwisata yang berkembang dengan baik, namun juga karena menawarkan nilai uang yang sangat baik," jelas tim Money Transfer.

Lengkapnya, berikut daftar 10 kota paling padat turis di dunia 2023 menurut Money Transfer: 

  1. Phuket (Thailand): 118,5 turis per penduduk
  2. Pattaya (Thailand): 98,7 turis per penduduk
  3. Krabi (Thailand): 72,2 turis per penduduk
  4. Mugla (Turki): 40,2 turis per penduduk
  5. Hurghada (Mesir): 28,6 turis per penduduk
  6. Makau (Tiongkok): 26,9 turis per penduduk
  7. Heraklion (Yunani): 22 turis per penduduk
  8. Venesia (Italia): 21,3 turis per penduduk 
  9. Rhodes (Yunani): 20,3 turis per penduduk 
  10. Miami (Amerika Serikat): 18,6 turis per penduduk

Selain itu, beberapa kota di Indonesia masuk dalam daftar kota paling padat turis di dunia versi Money Transfer. Seperti Denpasar, Bali, yang menduduki peringkat ke-18 dengan 6,8 turis per penduduk. 

Berikutnya ada Batam di urutan ke-64 dengan 1,4 turis per penduduk serta DKI Jakarta di urutan ke-88 dengan jumlah turis sebanyak 0,4 turis per penduduk. 

(Baca juga: 10 Tempat Wisata Gratis Terbaik di Asia 2023, Juaranya di India)

Data Populer
Lihat Semua