Ini Pagu Anggaran Kementerian/Lembaga yang Disetujui DPR untuk Tambahan Gaji PNS 2024

Ekonomi & Makro
1
Nabilah Muhamad 15/09/2023 20:40 WIB
Kenaikan Pagu Anggaran Kemenkeu, Bappennas, BPK, BPKP LKPP, dan BPS untuk Tambahan Gaji PNS 2024 (14 September 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sejumlah kementerian/lembaga (K/L) menambahkan rencana anggarannya pada 2024 setelah Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) tahun depan sebesar 8%.

Adapun K/L dengan pagu anggaran yang telah disetujui oleh Komisi XI DPR RI di antaranya Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian PPN/Bappenas, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), hingga Badan Pusat Statistik (BPS).

"Dengan ini, saya nyatakan rapat hari ini untuk menyetujui dari Kementerian Keuangan, Bappenas, BPK, BPKP, BPS dan LKPP kita nyatakan sah," kata Ketua Komisi XI DPR Kahar Muzakir dalam rapat kerja, Kamis (14/9/2023).

Kemenkeu tercatat menjadi kementerian dengan tambahan pagu anggaran terbesar yang disetujui oleh Komisi XI DPR RI. Sebelumnya, anggaran untuk belanja Kemenkeu sebesar Rp48,3 triliun. Setelah kenaikannya disetujui, berubah menjadi Rp48,7 triliun untuk tahun depan. 

"Ada tambahan Rp355,01 miliar sebagai dampak dari kebijakan kenaikan gaji 8% untuk tahun anggaran 2024 bagi 78.520 pegawai di Kemenkeu," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani pada kesempatan yang sama. 

Berikutnya, Bappenas yang pagu anggarannya ikut naik dari Rp2,1 triliun menjadi Rp2,11 triliun. "Dan perubahannya itu senilai Rp5,7 miliar karena mandatory gaji tadi," tutur Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Dalam kesempatan yang sama, Komisi XI DPR RI juga menyetujui penyesuaian pagu anggaran untuk BPK sebesar Rp4,9 triliun, BPKP sebesar Rp2,3 triliun, dan LKPP menjadi Rp224,7 miliar.

Terakhir, BPS dengan kenaikan paling kecil, semula Rp4,6 miliar menjadi Rp4,7 miliar.

(Baca juga: Jokowi Naikkan Gaji PNS dan Pensiunan pada 2024, Berapa Kenaikannya?)

Data Populer
Lihat Semua