Siomay, Jajanan Kaki Lima Terenak di Dunia Versi Taste Atlas

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 11/09/2023 18:50 WIB
10 Jajanan Kaki Lima Terbaik Dunia Versi Taste Atlas (September 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Situs panduan wisata kuliner Taste Atlas merilis daftar 10 makanan jajanan kaki lima terenak di dunia. Terdapat dua jajanan asal Indonesia yang masuk ke daftar ini.

Siomay menempati peringkat teratas jajanan kaki lima terenak di dunia pada 11 September 2023. Makanan yang terbuat dari daging ikan ini meraih skor 4,9 dari 5 poin.

Adapun siomay adalah makanan dari olahan ikan kukus berbentuk kerucut, dicampur dengan telur, kentang, kubis, tahu, dan pare.

Setelah dikukus, semua bahan dipotong-potong seukuran sekali gigit, dan ditaburi saus kacang pedas, seringkali juga ditambah kecap manis, sambal, serta sedikit perasan jeruk nipis.

"Ini (siomay) adalah makanan pokok yang umum dijual di pusat jajanan luar ruangan Indonesia," kata Taste Atlas dalam laporannya.

Skor siomay setara dengan roti canai yaitu 4,9 poin. Meski demikian, secara peringkat siomay lebih unggul dari jajanan kaki lima asal Malaysia tersebut.

Jajanan kaki lima asal Indonesia lain yang juga masuk daftar ini adalah batagor. Jajanan asal Bandung, Jawa Barat, itu tercatat memiliki skor 4,8 dengan peringkat ke-6 terenak di dunia.

Taste Atlas merupakan situs kuliner asal Kroasia yang banyak mengulas hidangan tradisional dan restoran autentik. Situs ini telah membuat ulasan tentang lebih dari 10.000 makanan dan minuman dari berbagai negara.

Berikut daftar lengkap 10 jajanan pinggir jalan terbaik di dunia versi Taste Atlas per 11 September 2023:

  1. Siomay (Indonesia): 4,9 poin
  2. Roti canai (Malaysia): 4,9 poin
  3. Crepes (Prancis): 4.8 poin
  4. Pastel de Nata (Portugal): 4,8 poin
  5. Guotie (Tiongkok): 4,8 poin
  6. Batagor (Indonesia): 4,8 poin
  7. Banh mi thit (Vietnam): 4,8 poin
  8. Tacos (Meksiko): 4,7 poin
  9. Karaage (Jepang): 4,7 poin
  10. Karnitas (Meksiko): 4,7 poin

(Baca: Kalahkan Spaghetti A la Italia, Tempe Goreng Masuk Daftar 10 Hidangan Vegan Terbaik Dunia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua