AHY 'Ditendang' Anies, Apa Pantas Mendampingi Prabowo Subianto? Ini Hasil Surveinya

Politik
1
Erlina F. Santika 04/09/2023 12:16 WIB
Proporsi Bacawapres yang Dianggap Paling Pantas Mendampingi Prabowo Subianto Versi LSI (Agustus 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Bursa bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk Pilpres 2024 masih terus bergejolak. Teranyar, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dipinang menjadi cawapres dari Anies Baswedan yang diusung oleh Partai NasDem, PKB, dan PKS.

Kabar pencalonan itu tak hanya menggegerkan, tetapi juga dinilai mengacak tatanan pencalonan dan koalisi. Padahal Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jauh-jauh hari direncanakan bakal jadi pendamping Anies.

Kendati begitu, beberapa bacapres terkuat lainnya belum menentukan pilihan pendampingnya. Salah satunya, Prabowo Subianto. Lantas, siapa calon pendamping yang dinilai paling pantas mendampingi Ketua Umum Gerindra ini?

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menghimpun persepsi masyarakat RI atas pasangan yang cocok untuk mendampingi Prabowo. Nama pertama yang paling banyak dipilih responden adalah Erick Thohir, dengan proporsi 15,9% responden.

Selain Erick, satu nama lagi yang dianggap paling pantas mendampingi Prabowo adalah AHY. Meski 'ditendang' Anies, anak Presiden ke-6 RI itu mengantongi perolehan tertinggi kedua dalam survei ini, sebesar 12,1%.

"Erick 15,9% dan AHY 12,1% merupakan dua calon yang paling banyak dinilai paling pantas sebagai wakil presiden dari Prabowo Subianto, nama lainnya lebih rendah," tulis LSI dalam laporan tertulisnya.

Selanjutnya ada Mahfud MD yang dinilai pantas oleh 9,9% responden. Disusul oleh Khofifah Indar Parawansa yang dipilih 7,2% responden.

Cak Imin juga dinilai cocok mendampingi Prabowo Subianto, tetapi dengan proporsi yang cukup kecil, yakni 6,4%. Sementara masih ada 31,2% responden yang menjawab tidak tahu/tidak jawab (TT/TJ).

Survei LSI dilakukan pada 3-9 Agustus 2023 melalui wawancara tatap muka, dengan melibatkan 1.220 orang responden dari seluruh Indonesia. Seluruh responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Tingkat kesalahan (margin of error) survei sekira 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: Bukan Cak Imin, Ini Cawapres yang Dinilai Paling Pantas Dampingi Anies Baswedan Menurut Warga)

Data Populer
Lihat Semua