10 Universitas di Indonesia yang Risetnya Paling Banyak Digunakan oleh Industri

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Nabilah Muhamad 30/08/2023 19:36 WIB
10 Universitas dalam Negeri dengan Riset Terbaik Berdasarkan Skor Pendapatan Industri Versi Times Higher Education (2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi, Times Higher Education (THE), menghimpun universitas terbaik di Indonesia berdasarkan kontribusi riset yang digunakan untuk industri. Penilaian menggunakan beberapa indikator, salah satunya adalah industry income atau pendapatan industri.

Tujuan penilaian untuk melihat kemampuan sebuah universitas dalam membantu industri melalui inovasi, riset, serta konsultasi. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kualitas institusional.

Kemudian THE memberikan skor dalam skala 0-100 poin. Semakin tinggi poin yang diperoleh oleh sebuah universitas, maka semakin balik pula kualitas riset yang dihasilkan.

Walhasil, Institut Teknologi Bandung (ITB) menduduki urutan pertama yang mendapatkan skor pendapatan industri terbesar di Tanah Air, yakni 88,8 poin.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ITB Yuli Setyo Indartono menyatakan, sebagai perguruan tinggi teknik tertua di Indonesia, ITB memiliki peranan yang besar terhadap industri.

"Dari segi inovasi, ITB sudah banyak melakukan penelitian dan riset yang menyasar pada industri yang bernilai tinggi," ujar Yuli melalui laman resminya, Senin (28/8/2023).

Ia juga menyebutkan, saat ini ITB memiliki 32 pusat penellitian, 9 di antaranya sudah termasuk kategori unggulan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenbudristek).

Sementara Universitas Indonesia (UI) menyusul di urutan kedua, yang memperoleh skor 77,7 poin. Diikuti oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan perolehan 71,7 poin.

Berikut daftar lengkap universitas di Indonesia yang memiliki skor pendapatan industri tertinggi versi THE per 30 Agustus 2023:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB): 88,8 poin
  2. Universitas Indonesia (UI): 77,7 poin
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM): 71,7 poin
  4. Universitas Sebelas Maret (UNS): 70,8 poin
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB University): 53,1 poin
  6. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS): 49,1 poin
  7. Universitas Diponegoro (Undip): 47,8 poin
  8. Universitas Hasanuddin (Unhas): 44,5 poin 
  9. Binus University: 43,8 poin
  10. Universitas Andalas (Unand): 43,4 poin

(Baca juga: Barisan Kampus Terbaik Asia Versi QS WUR 2024, Tiongkok Mendominasi)

Data Populer
Lihat Semua