Kalahkan Tokyo, Jakarta Jadi Salah Satu Kota Destinasi Turis Terpopuler di Tiktok 2023

Pariwisata
1
Nabilah Muhamad 14/08/2023 18:15 WIB
10 Kota Destinasi Wisata Turis Terpopuler di Tiktok (Maret-Juli 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Cruise Croatia, sebuah situs layanan pelayaran wisata asal Kroasia, merilis daftar 10 kota destinasi terpopuler di TikTok 2023.

DKI Jakarta ditetapkan di urutan ke-8 sebagai kota destinasi turis yang paling banyak ditonton di TikTok dalam periode Maret-Juli 2023. Konten-konten terkait wisata dengan tagar #Jakarta dan #JakartaTravel telah ditonton sebanyak 5 miliar kali. 

Cruise Croatia juga menilai, Ibu Kota Indonesia ini menawarkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan kehidupan malam yang menarik bagi turis. 

"Meskipun biasanya (Jakarta) berperan sebagai persinggahan dalam perjalanan menuju destinasi lain (seperti Lombok dan Bali), TikTok mengatakan bahwa Jakarta adalah tempat yang sangat bagus untuk dikunjungi," tulis Cruise Croatia dalam laporannya. 

Torehan Jakarta bahkan mengalahkan Ibu Kota Jepang, Tokyo, yang kontennya telah ditonton 4 miliar kali. 

Sementara urutan teratas kota destinasi terpopuler di TikTok ditempati oleh Barcelona, yang konten terkait wisatanya di TikTok telah disaksikan sebanyak 24 miliar kali. 

Kota di Spanyol tersebut memiliki bangunan-bangunan ikonik seperti katedral La Sagrada Familia serta lokasinya yang berada di tepi pantai sehingga menarik perhatian para perancong.

Selanjutnya, kota New York, Amerika Serikat menyusul di peringkat kedua sebagai destinasi terpopuler di TikTok yang konten wisatanya telah ditonton sebanyak 18 miliar kali. 

Kemudian Paris, Prancis, berada di peringkat ketiga yang videonya telah ditonton sebanyak 16 miliar kali. Kota yang kerap disebut kota mode ini punya daya tarik tersendiri bagi pengguna TikTok. 

Terlebih, Paris beberapa kali sempat dijadikan lokasi syuting acara TV terkenal seperti Emily in Paris hingga Gossip Girl. Sehingga para penonton penasaran dan mencari tahu lebih lanjut mengenai Paris di TikTok. 

Daftar ini dibuat berdasarkan hasil riset terhadap 135 kota dengan jumlah penduduk terpadat di dunia yang bereferensi dari World Population Review. 

Kemudian Cruise Croatia menelusuri setiap tujuan wisata secara spesifik menggunakan TikTok Creative Centre dengan memanfaatkan tagar tujuan destinasi dan tujuan destinasi ditambah "travel".

Sebagai contoh, dua tagar yang digunakan dalam penelusuran tersebut adalah #Barcelona dan #BarcelonaTravel. 

Lebih lengkapnya, berikut daftar 10 destinasi wisata dunia yang paling banyak dilihat di Tiktok dalam periode 5 Maret-3 Juli 2023 menurut Cruise Croatia:

  1. Barcelona (Spanyol): 24 miliar kali
  2. New York (Amerika Serikat): 18 miliar kali
  3. Paris (Prancis): 16 miliar kali
  4. London (Inggris): 15 miliar kali
  5. Istanbul (Turki): 9 miliar kali
  6. Madrid (Spanyol): 9 miliar kali
  7. Lima (Peru): 7 miliar kali
  8. Jakarta (Indonesia): 5 miliar kali
  9. Tokyo (Jepang): 4 miliar kali
  10. Singapura (Singapura): 4 miliar kali

(Baca juga: Ubud Masuk Daftar Kota Terbaik di Dunia Versi Travel and Leisure 2023)

Data Populer
Lihat Semua