Daftar Juara Liga Champions Arab Terbanyak, Al-Nassr Cetak Rekor Baru

Olahraga
1
Nabilah Muhamad 14/08/2023 10:51 WIB
10 Klub Sepak Bola dengan Gelar Juara Liga Champions Arab Terbanyak (1981-2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Al-Nassr berhasil merebut trofi Liga Champions Arab 2023 seusai mengalahkan Al-Hilal dalam laga final di King Fahd Stadium, Arab Saudi, Sabtu (12/8/2023) malam. Klub sepak bola asal Riyadh ini menang dengan skor tipis 2-1 lewat babak perpanjangan waktu. 

Mulanya, Al-Hilal unggul lewat gol yang dicetak Michael di menit ke-51. Lalu Cristiano Ronaldo menyamakan kedudukan di menit ke-74 dan bawa kemenangan bagi Al-Nassr di menit ke-98.

Capaian tersebut sukses menjadikan Al-Nassr sebagai juara Liga Champions Arab untuk pertama kalinya dalam sejarah. 

Tak hanya cetak sejarah baru bagi Al-Nassr, Ronaldo juga sukses menyabet Golden Boot atau gelar top skor dengan torehan enam gol dari enam laga. CR7 jadi pemain Al-Nassr pertama dalam sejarah yang mendapat gelar individu tersebut. 

Liga Champions Arab merupakan kompetisi sepak bola antar klub yang melibatkan tim terbaik dari negara-negara Arab di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara yang tergabung dalam Union of Arab Football Associations (UAFA). 

Laga tersebut telah digelar sejak 1981 lalu. Lantas, klub sepak bola mana yang meraih gelar juara Liga Champions Arab terbanyak sepanjang sejarah?

Melansir dari Transfermarkt, Esperance de Tunis atau biasa disebut EST tercatat sebagai klub yang menyabet trofi kemenangan Liga Champions Arab terbanyak saat ini. 

Klub yang bermain di Liga Utama Tunisia tersebut telah mengantongi 3 gelar kemenangan yang pertama kali dimenangkannya pada 1993 lalu saat berhasil mengalakan Al-Muharraq di final. 

Kemudian Al-Rasheed menyamai kedudukan EST dengan mengoleksi 3 gelar kemenangan dalam Liga Champions Arab. Klub sepak bola asal Irak ini menyabet kemenangan pertamanya pada 1985 lalu.

Sejak pertama kali juara, Al-Rasheed sukses mendominasi panggung Liga Champions Arab dengan menjadi juara beruntun pada 1986 dan 1987. 

Lebih lengkapnya, berikut daftar 10 klub sepak bola dengan gelar kemenangan terbanyak di Liga Champions Arab hingga 14 Agustus 2023:

  1. Esperance de Tunis: 3 gelar
  2. Al-Rasheed SC: 3 gelar
  3. Raja Club Athletic: 2 gelar
  4. ES Setif: 2 gelar
  5. CS Sfaxien: 2 gelar
  6. Al-Shabab DC: 2 gelar
  7. Al-Hilal SFC: 2 gelar
  8. Al-Ettifaq FC: 2 gelar
  9. Al-Nassr FC: 1 gelar
  10. Etoile Sportive du Sahel: 1 gelar

(Baca juga: Neymar hingga Declan Rice, Ini Transfer Pemain Sepak Bola Termahal Sepanjang Sejarah)

Data Populer
Lihat Semua