Deretan Peristiwa yang Paling Bikin Stres dalam Hidup, Kematian Pasangan Nomor Satu

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 02/08/2023 19:56 WIB
15 Peristiwa yang Paling Membuat Stres dalam Hidup (1967)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut studi yang dilakukan T.H. Holmes dan R.H Rahe dalam The Social Readjustment Rating Social (1967), terdapat sejumlah peristiwa yang paling membuat stres dalam hidup.

Peristiwa stres tersebut diukur melalui Skala Peringkat Penyesuaian Sosial (SRRS) untuk menilai tingkat stres yang dihadapi seseorang. Skala yang dikembangkan Holmes dan Rahe menilai tingkat stres dengan melalui skala 0-100. Semakin tinggi skala, maka semakin tinggi tingkat stres yang dihadapi individu.

Mengutip situs ilmiah dan kesehatan ScienceDirect, pembobotan skala ini didasarkan pada perkiraan jumlah perubahan atau penyesuaian kembali yang diperlukan untuk setiap kejadian pada pihak individu yang mengalaminya. Perkiraan skala ini diperoleh berdasarkan peringkat yang diperoleh dari sampel orang dewasa kelas menengah berkulit putih. Terdapat 43 peristiwa yang ditampilkan dalam SRRS.

Dari hasil studi itu menunjukkan,kematian pasangan merupakan peristiwa yang paling membuat stres dalam hidup. Tercatat, skala stres pada peristiwa tersebut mencapai 100 poin.

Peristiwa yang juga sangat membuat stres dalam hidup adalah perceraian dengan skala stres sebesar 73 poin. Kemudian, perpisahan perkawinan memiliki skala stres sebesar 65 poin.

Hukuman penjara dan kematian keluarga terdekat juga masuk ke daftar peristiwa yang paling membuat stres dalam hidup dengan skala stres masing-masing 63 poin.

Adapun sejumlah peristiwa lainnya membuat stres dalam hidup termasuk cedera/penyakit pribadi, pernikahan, dipecat dari tempat kerja, kesulitan seks, hingga penyesuaian bisnis kembali.

Berikut adalah 15 peristiwa yang paling membuat stres dalam hidup mennurut T.H. Holmes dan R.H Rahe (1967):

  1. Kematian pasangan: 100 poin
  2. Perceraian: 73 poin
  3. Perpisahan perkawinan: 65 poin
  4. Hukuman penjara: 63 poin
  5. Kematian keluarga terdekat: 63 poin
  6. Cedera/penyakit pribadi: 53 poin
  7. Pernikahan: 50 poin
  8. Dipecat di tempat kerja: 47 poin
  9. Rekonsiliasi perkawinan: 45 poin
  10. Masa pensiun: 45 poin
  11. Perubahan kesehatan keluarga: 44 poin
  12. Kehamilan: 40 poin
  13. Kesulitan seks: 39 poin
  14. Memiliki keluarga baru: 39 poin
  15. Penyesuaian bisnis kembali: 39 poin

(Baca: Masalah Keuangan hingga Hubungan Jadi Pemicu Stres Buat Gen Z dan Milenial)

Data Populer
Lihat Semua