Sumber Pendanaan Startup Fintech di Indonesia, Mayoritas dari Modal Ventura

Keuangan
1
Cindy Mutia Annur 01/08/2023 10:10 WIB
Sumber Pendanaan Startup Fintech di Indonesia (Kuartal II-2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan survei Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) bertajuk Annual Member Survey 2022/2023, mayoritas startup fintech di Tanah Air disokong modal ventura (venture capital).

Ada 38,7% responden startup fintech yang memperoleh pendanaan dari perusahaan modal ventura. "(Hal) ini menegaskan minat tinggi investor terhadap potensi dan peluang di industri fintech Indonesia,” kata Aftech dalam laporannya.

Sementara, 36% responden lain menggunakan sumber pendanaan mandiri. Menurut Aftech, pendanaan mandiri ini mencerminkan dedikasi dan kepercayaan diri pelaku usaha fintech terhadap model bisnis mereka.

(Baca: Ini Sektor Usaha Startup yang Sukses Menarik Investor Besar di ASEAN)

Aftech mengatakan, pola pendanaan startup fintech di Indonesia ini mengalami pergeseran dibanding hasil survei 2021. Ketika itu responden yang menggunakan dana mandiri mencapai 43,9%, lebih banyak dibanding responden peraih dana modal ventura yang proporsinya 39%.

"Kondisi tersebut menunjukkan adanya kepercayaan investor terhadap industri fintech, meskipun di tengah ancaman melambatnya perekonomian global,” kata Aftech.

Survei itu juga menunjukkan, sebagian besar dana masih berasal dari investor domestik dengan proporsi sebesar 57,3%, diikuti investor dari Singapura 20%, dan Tiongkok 8%.

Aftech melakukan survei ini bersama Katadata Insight Center (KIC), dengan melibatkan 75 responden perwakilan perusahaan anggota Aftech. Survei dilakukan pada kuartal II-2023 melalui kuesioner online.

Mayoritas perusahaan yang terlibat dalam survei berlokasi di Jabodetabek (92%), diikuti Yogyakarta dan Surabaya (1,3%). Dari segi jumlah karyawan, mayoritas perusahaan memiliki kurang dari 50 karyawan (50,6%), diikuti 51-100 karyawan (24%).

(Baca: Ini Layanan Keuangan Digital Terpopuler di ASEAN)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua