Pulau Jawa Masih Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Domestik pada 2022

Pariwisata
1
Erlina F. Santika 21/07/2023 20:01 WIB
Jumlah Perjalanan Wisatawan Domestik Berdasarkan Provinsi Tujuan Terbanyak (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pulau Jawa masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan domestik pada 2022. Ini selaras dengan temuan Badan Pusat Statistik (BPS).

BPS menyebut, perjalanan wisatawan domestik yang bertujuan ke Pulau Jawa mencapai 75,49% dari total perjalanan wisatawan domestik di Indonesia.

Jawa Timur tercatat sebagai provinsi tujuan utama pada 2022 dengan jumlah perjalanan tertinggi, yaitu sebesar 200,55 juta atau 27,29% dari total perjalanan wisnus.

"Jumlah perjalanan ini mengalami peningkatan 26,07% dibandingkan tahun sebelumnya," tulis BPS dalam laporannya.

Selanjutnya, Jawa Barat dan Jawa Tengah juga menjadi tujuan favorit wisatawan domestik dengan jumlah perjalanan masing-masing sebanyak 123,53 juta perjalanan (16,81%) dan 110,35 juta perjalanan (15,02%).

"Ketiga provinsi tersebut selalu menjadi destinasi utama perjalanan wisatawan nusantara," kata BPS.

Destinasi keempat adalah DKI Jakarta sebesar 56,01 juta perjalanan. Banten menyusul di posisi kelima dengan jumlah 38,6 juta perjalanan. Sisanya terlampir pada grafik.

BPS menjelaskan, pola perjalanan wisatawan domestik pada 2022 mengalami perubahan struktur dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi.

Pada 2019, Jawa Barat menjadi provinsi tujuan utama perjalanan wisatawan nusantara, diikuti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kondisi sebaliknya terjadi pada 2022. Jawa Timur justru menjadi destinasi utama perjalanan wisatawan nusantara, diikuti Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Persebaran destinasi wisnus (wisatawan nusantara) terlihat lebih banyak menuju wilayah Indonesia bagian barat dan tengah dibandingkan wilayah Indonesia bagian timur," kata BPS.

Jika dilihat berdasarkan kabupaten/kota, Kota Surabaya, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Sidoarjo menjadi daerah di Provinsi Jawa Timur yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik ini.

Sementara, daerah yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik di Provinsi Jawa Barat adalah Kabupaten Bogor, Kota Bandung, dan Kota Bekasi.

Selain itu, Kota Semarang, Kota Surakarta, dan Kabupaten Banyumas merupakan daerah di Provinsi Jawa Tengah yang paling banyak dikunjungi.

(Baca juga: Tren Perjalanan Wisatawan Domestik, Bangkit Lagi Setelah Dihajar Pandemi)

Data Populer
Lihat Semua