Lebih Banyak Warga RI yang Yakin Kaesang Pangarep Benar-benar Maju Jadi Wali Kota Depok

Politik
1
Nabilah Muhamad 12/07/2023 14:48 WIB
Proporsi Keyakinan Masyarakat Terhadap Pencalonan Kaesang Pangarep sebagai Wali Kota Depok (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, mengutarakan keinginannya untuk menduduki kursi wali kota Depok, Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan melalui unggahan di akun YouTube-nya yang berjudul KLARIFIKASI. SAYA BUKA SUARA.

"Saya Kaesang Pangarep. Saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya. Insha Allah dengan ini, saya siap hadir menjadi Depok pertama. Mohon dukungannya, Merdeka!" kata Kaesang dalam videonya yang diunggah pada Jumat (9/6/2023).

Menanggapi hal tersebut, bagaimana respons masyarakat?

Kurious-Katadata Insight Center (KIC) menjabarkan respons masyarakat atas ramainya isu Kaesang Pangarep melalui Survei Persepsi Tokoh dan Isu 1. 

Hasilnya, sebanyak 47,4% dari total responden menyatakan yakin jika Kaesang akan benar-benar mencalonkan diri dalam pemilihan wali kota Depok pada Pemilu 2024 mendatang.

Rinciannya, sebanyak 35,3% responden merasa yakin, dan 12% merasa sangat yakin.

Adapun 39% masyarakat yang merasa tidak yakin jika Kaesang akan mencalonkan dirinya sebagai wali kota Depok di periode mendatang.

Rinciannya, sebanyak 11,1% merasa sangat tidak yakin dan 27,9% lainnya merasa tidak yakin. Sementara 13,6% responden lainnya menjawab tidak tahu.

Survei yang dilakukan Kurious-KIC ini melibatkan 622 responden yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Responden terdiri dari laki-laki (45,3%) dan perempuan (54,7%).

Data dikoleksi pada 12-22 Juni 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekira 3,94% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: Kaesang Pangarep Mantap Ingin Jadi Wali Kota Depok, Bagaimana Angka Kemiskinan Kotanya?)

Data Populer
Lihat Semua