Banyak Warga RI Nilai Infrastruktur Internet Meningkat 5 Tahun Terakhir, Bagaimana Wilayah 3T?

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 12/07/2023 12:52 WIB
Proporsi Persepsi Atas Kondisi Infrastruktur Internet di Indonesia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan survei kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC) bertajuk Status Literasi Digital di Indonesia 2022 menunjukkan, jaringan internet yang tidak stabil masih dirasakan oleh sebagian masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Meski demikian, hasil survei berbasis persepsi responden itu menunjukkan, mayoritas masyarakat menilai kondisi kecepatan dan jangkauan internet di Indonesia kini sudah semakin membaik dibandingkan dengan lima tahun yang lalu.

Tercatat, sebanyak 75% responden mengatakan sinyal internet di wilayah non-3T semakin stabil dalam lima tahun terakhir. 

“Selain itu, sebanyak 61% responden menganggap kecepatan dan jangkauan internet di wilayah (3T) mereka juga meningkat,” kata Kementerian Kominfo dan KIC.

Sementara, responden di wilayah non-3T yang mengatakan kondisi kecepatan dan jangkauan internet di wilayahnya sama saja dalam lima tahun terakhir sebanyak 20%. Berbeda dengan wilayah 3T, proporsi responden yang mengatakan hal demikian lebih besar, yaitu 33%.

Ada pula responden di wilayah non-3T yang menilai kecepatan dan jangkauan internet dalam periode yang sama menurun yaitu sebanyak 5%. Di sisi lain, responden  di wilayah 3T yang mengatakan kondisi infrastruktur internet di wilayahnya menurun dalam lima tahun terakhir lebih tinggi yaitu 6%.

Kementerian Kominfo dan KIC melakukan survei ini terhadap 10.000 pengguna internet berusia 13-70 tahun yang tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota Indonesia. Proporsi responden laki-laki sebanyak 51%, sedangkan perempuan 49%.

Survei dilaksanakan selama periode Agustus-September 2022 melalui wawancara tatap muka. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling, dengan toleransi kesalahan sekitar 0,98% dan interval kepercayaan 95%.

Responden memiliki beragam latar belakang dari ibu rumah tangga, wiraswasta, pekerja, pelajar, petani, dan lain-lainnya. Laporan lengkap mengenai survei ini dapat diakses dan diunduh melalui tautan https://survei.literasidigital.id/.

(Baca juga: Belum Semua Warga RI Dapat Akses Internet dan Sinyal Selular di Dekat Rumahnya, Terutama Wilayah 3T)

Data Populer
Lihat Semua