10 Negara Penghasil Sampah Terbesar di Dunia, Ada Indonesia

Demografi
1
Adi Ahdiat 26/06/2023 19:20 WIB
10 Negara Penghasil Sampah Terbesar di Dunia (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia adalah negara penghasil sampah terbesar ke-5 di dunia pada 2020. Hal ini tercatat dalam laporan Bank Dunia yang bertajuk The Atlas of Sustainable Development Goals 2023.

Menurut laporan tersebut, pada 2020 Indonesia memproduksi sekitar 65,2 juta ton sampah.

Di atas Indonesia ada Brasil yang menghasilkan sampah sebanyak 79 juta ton, India 189 juta ton, Amerika Serikat 265 juta ton, dan di puncaknya ada Tiongkok dengan sampah sekitar 395 juta ton.

Negara lain yang masuk ke daftar 10 penghasil sampah terbesar adalah Rusia, Meksiko, Jerman, Jepang, dan Prancis dengan rincian seperti terlihat pada grafik di atas.

Negara-negara dengan produksi sampah tinggi biasanya memiliki populasi penduduk yang besar. Namun, volume sampah suatu negara tak semata-mata ditentukan dari jumlah warga, melainkan juga dari gaya hidup masyarakatnya.

"Misalnya, jumlah penduduk Amerika Serikat hanya sekitar 5 persen dari total populasi global, tapi menghasilkan sekitar 14 persen sampah dunia," kata Bank Dunia dalam laporannya.

"Produksi sampah juga erat kaitannya dengan pendapatan negara. Negara-negara yang lebih kaya memiliki tingkat konsumsi lebih tinggi, dan karenanya menghasilkan lebih banyak limbah," lanjutnya.

Kendati begitu, Bank Dunia memprediksi pertumbuhan sampah global dalam beberapa dekade mendatang akan lebih didominasi negara berpendapatan menengah.

"Pertumbuhan sampah global secara historis berasal dari negara berpendapatan menengah ke atas (upper-middle income) dan tinggi (high income). Tapi sekarang, produksi sampah di negara berpendapatan tinggi tidak lagi meningkat pesat," kata Bank Dunia.

"Sampah dari negara berpendapatan menengah ke atas (upper-middle income) diprediksi meningkat sekitar 70%, dan sampah negara berpenghasilan menengah ke bawah (lower-middle income) diproyeksikan naik lebih dari dua kali lipat pada tahun 2050," lanjutnya.

(Baca: 10 Provinsi Penghasil Sampah Terbanyak 2022, Jawa Tengah Teratas)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua