Penduduk Bekerja Indonesia Didominasi oleh Pekerja Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan

Ketenagakerjaan
1
Nabilah Muhamad 16/06/2023 21:22 WIB
Persentase Penduduk Bekerja Menurut Lapangan Pekerjaan Utama (Februari 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), struktur penduduk bekerja menurut lapangan pekerjaan utama pada Februari 2023 masih didominasi kategori pertanian, kehutanan, dan perikanan dengan persentase sebesar 29,36% dari total penduduk yang bekerja.

Kategori perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan perawatan sepeda motor menyusul di urutan dengan persentase sebesar 18,93%. Kemudian diikuti oleh kategori industri pengolahan sebesar 13,58%.

Adapun kategori Industri akomodasi makan minum dengan persentase 7,32%. Lalu diikuti oleh kategori konstruksi yang melengkapi urutan enam besar dengan perolehan 6,21%.

"Sebagian besar lapangan pekerjaan yaitu 11 dari 17 kategori mengalami peningkatan persentase penduduk yang bekerja selama setahun terakhir," tulis BPS dalam laporannya.

Peningkatan tersebut paling besar terjadi pada kategori aktivitas jasa lainnya (0,28%), penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum (0,21%), serta konstruksi (0,17%).

Jika dipisahkan berdasarkan jenis kelaminnya, BPS menemukan gap terbesar pada proporsi penduduk pekerja laki-laki dan perempuan terjadi pada kategori konstruksi.

Rinciannya, pekerja laki-laki di Konstruksi terdapat sebanyak 14,65%, sementara penduduk perempuan hanya sebanyak 0,25% saja.

(Baca juga: Penduduk yang Bekerja Mengalami Peningkatan Selama Tiga Tahun Terakhir)

Data Populer
Lihat Semua