Siap Berlaga di FIFA Match Day 2023, Ini Perbandingan Harga Pasar Skuad Timnas Indonesia dan Argentina

Olahraga
1
Cindy Mutia Annur 26/05/2023 07:00 WIB
Perbandingan Harga Pasar Skuad Timnas Indonesia dengan Argentina Berdasarkan Posisi (25 Mei 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Timnas Indonesia bakal menghadapi Timnas Argentina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Utama Geloran Bung Karno (SUGBK), Senin 19 Juni 2023.

Selain menghadapi Timnas Indonesia, Lionel Messi dkk terlebih dahulu akan menantang Australia di Beijing, Tiongkok, pada Kamis, 15 Juni 2023. Kedua pertandingan tersebut dalam rangka tur Asia yang dilakukan Argentina seusai menjuarai Piala Dunia 2022 pada akhir tahun lalu.

Argentina diyakini bakal membawa para pemain terbaiknya pada tur Asia kali ini, mengingat statusnya sebagai timnas terbaik dunia versi Federasi Sepak Bola internasional (FIFA).

Lantas, bagaimana perbandingan harga pasar skuad Timnas Indonesia dan Timnas Argentina?

Menurut data Transfermarkt, harga pasar skuad kedua timnas tersebut memiliki selisih yang sangat jauh yaitu hingga triliunan rupiah.

Timnas Indonesia dengan 27 pemain di dalamnya, tercatat hanya memiliki nilai pasar skuad Rp123,41 miliar. Harga pasar tim Garuda tersebut terdiri dari posisi kiper sebesar Rp8,26 miliar, bek Rp59,53 miliar, gelandang Rp19,12 miliar, dan penyerang Rp36,5 miliar.

Tercatat, pemain termahal tim Merah Putih adalah Jordi Amat dengan nilai pasar mencapai Rp15,64 miliar, sedangkan pemain termurah Timnas Indonesia adalah kiper Daffa Fasya sebesar Rp434,54 juta.

Sementara, Timnas Argetina yang memiliki 34 pemain di dalamnya, mempunyai harga pasar sangat fantastis yaitu mencapai Rp14,78 triliun. Harga pasar tersebut terdiri dari posisi kiper sebesar Rp712,65 miliar, bek Rp3,67 triliun, gelandang Rp4,74 triliun, dan penyerang Rp5,61 triliun.

Pemain termahal di tim La Albiceleste saat ini ditempati oleh Enzo Fernandez dengan nilai pasar sebesar Rp1,47 triliun.

Di sisi lain, pemain termurah di Timnas Argentina yaitu sang kiper, Franco Armani, tercatat masih memiliki harga pasar yang lebih mahal ketimbang Jordi Amat selaku pemain termahal di Timnas Indonesia. Kiper berusia 36 tahun itu tercatat memiliki harga pasar Rp52,14 miliar.

Adapun tingginya harga pasar yang dimiliki skuad Timnas Argentina  tak lepas dari para pemainnya yang mayoritas berkiprah di sejumlah liga top Eropa.

Berbeda dengan Timnas Indonesia, mayoritas pemainnya hanya bermain di liga lokal atau Liga Indonesia saja. Alhasil, nilai pasar para pemainnya pun cenderung kecil alias jauh tertinggal dari Timnas Argentina.

(Baca: Daftar Harga Pasar Skuad Timnas Indonesia U22 yang Sabet Emas di SEA Games 2023, Siapa Termahal?)

Data Populer
Lihat Semua