Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies, Didominasi Gen Z

Politik
1
Cindy Mutia Annur 26/05/2023 14:09 WIB
Elektabilitas Sosok Calon Presiden Berdasarkan Generasi (April 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan, elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Adapun pemilih Prabowo didominasi oleh kelompok usia usia 17-26 alias gen Z.

Tercatat, rerata elektabilitas Prabowo sebesar 24,5%, disusul oleh Ganjar sebesar 22,8%, dan Anies Baswedan 13,6%.

Gen Z menyumbang sebagian besar elektabilitas Menteri Pertahanan tersebut. “Tercatat proporsi gen Z yang memilih Prabowo lebih besar dari rerata seluruh generasi, yakni mencapai 32,%,” ujar peneliti litbang Kompas Arita Nugraheni diikutip dari laman Kompas.id, Rabu (24/5/2023).

Menurut Arita, dukungan dari gen Z tersebut menguntungkan bagi Prabowo yang cenderung belum cukup menarik simpati dari generasi lainnya, khususnya generasi baby boomers.

“Survei kali ini menunjukkan keterpilihan mantan Danjen Kopassus ini dari responden berusia 56 – 74 tahun baru di angka 16,3%,” ujar Arita.

Tren yang sama juga terlihat dari para pemilih Ganjar Pranowo. Elektabilitas Ganjar memiliki suara yang cukup besar dari gen Z. Meski tak setinggi Prabowo, Gubernur Jawa Tengah ini memiliki elektabilitas sebesar 24,5% dari gen Z.

Adapun generasi baby boomers juga merupakan kelompok dengan proporsi yang paling sedikit memberikan dukungan pada Ganjar, yakni hanya 18,4%.

Lain halnya dengan Prabowo dan Ganjar, elektabilitas Anies justru tidak disokong begitu kuat oleh gen Z. "Elektabilitas Anies utamanya berasal generasi berusia matang, yaitu gen Y (27-41 tahun) dan gen X (42-55 tahun)," ujar Arita.

Tercatat, elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pada kelompok gen Y sebesar 15,1% dan gen X sebesar 15,6%. Sementara, hanya 10% dari gen Z yang memilih Anies untuk menjadi calon presiden.

Survei tersebut dilakukan terhadap 1.200 responden dari 38 provinsi Indonesia selama periode 29 April-10 Mei 2023. Survei dilakukan menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Adapun margin of error survei ini kurang lebih 2,83% dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana sehingga kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi.

(Baca: Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies pada April 2023)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua