IHSG Ditutup Melemah Jelang Rilis Suku Bunga Acuan The Fed (Rabu, 3 Mei 2023)

Pasar
1
Cindy Mutia Annur 03/05/2023 19:57 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 3 April–3 Mei 2023
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun 50,58 poin atau melemah 0,74% ke level 6.812,722 pada penutupan perdagangan Rabu, 3 Mei 2023.

Pelemahan indeks terjadi menjelang pertemuan bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) untuk menentukan kebijakan suku bunga acuannya.

"Pergerakan IHSG dan bursa regional Asia terseret di zona melemah, yang tampaknya di tekanan jual yang dipengaruhi jelang rilis suku bunga acuan The Fed. Tentunya membuat pelaku pasar atau investor cenderung wait and see menanti keputusan hasil FOMC The Fed," ujar Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dikutip dari Antara, Rabu (3/5/2023).

The Fed akan menggelar Federal Open Market Committee (FOMC) Meeting pada Kamis (4/3/2023) dini hari nanti waktu Indonesia.

CME Fed Watch Group memberikan probabilitas sebesar 86,7%, bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin, sementara yang suku bunganya tetap dengan probabilitas 13,3%.

Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas melanjutkan, sikap pelaku pasar atau investor tersebut seiring kondisi ekonomi AS dibayangi krisis perbankan setelah kejatuhan beberapa bank yang menyebabkan sistem keuangan terganggu.

Menurut Tim RIset Pilarmas Investindo Sekuritas, pernyataan Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengenai risiko gagal bayar utang, membuat pasar mempunyai pandangan akan kekhawatiran apabila bank sentral masih menggunakan tool moneter yang agresif dalam melawan inflasi.

“Hal tersebut berpotensi akan memberikan tekanan pada pemulihan ekonomi AS, seiring sikap pasar yang memprediksi The Fed memiliki ruang untuk menaikkan suku bunga acuannya,” ujar Tim RIset Pilarmas Investindo Sekuritas.

Berdasarkan data RTI Business, frekuensi perdagangan saham di bursa dalam negeri hari ini sebanyak 1,32 juta kali transaksi.

Total saham berpindah tangan mencapai 15,26 miliar lembar, dengan nilai transaksi mencapai Rp10,49 triliun.

Emiten berkode ISAP menjadi top loser setelah melemah 8,16%, diikuti emiten TRJA dan PTBA yang terkontraksi masing-masing 7% dan 6,99%.

Adapun emiten top gainer hari ini adalah SAGE yang menguat 24,51%, diikuti PIPA dan HAJJ yang menguat masing-masing 15,13% dan 9,94%.

Mayoritas saham pada perdagangan hari ini pun ditutup melemah. Rinciannya 337 saham melemah, 206 saham menguat, dan 190 saham stagnan.

(Baca: IHSG Ditutup Melemah di Tengah Isu Krisis Perbankan AS (Selasa, 2 Mei 2023))

Data Populer
Lihat Semua