Survei Indikator: Ganjar Tokoh yang Dianggap Paling Mampu Melanjutkan Kerja Pemerintahan Jokowi

Politik
1
Cindy Mutia Annur 02/05/2023 18:19 WIB
Tokoh yang Dinilai Responden Mampu Melanjutkan Kerja Pemerintahan Jokowi (April 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, mayoritas masyarakat Indonesia atau 67,3% responden setuju presiden selanjutnya harus sejalan dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Adapun tokoh yang dianggap paling mampu melanjutkan kerja pemerintahan Jokowi adalah Ganjar Pranowo. Sebanyak 33,2% responden memilih Gubernur Jawa Tengah tersebut untuk melanjutkan kerja pemerintahan presiden RI saat ini.

“Kami tanya, di antara nama berikut mana yang paling mampu melanjutkan kerja pemerintahan Jokowi. Hasilnya ada tiga nama teratas yang dianggap mampu,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi Indikator dalam konferensi pers, Minggu (30/4/2023).

Di bawah Ganjar, ada Prabowo Subianto dengan suara sebesar 30,4%. Menurut Burhanuddin, selisih suara antara Ganjar dan Prabowo merefleksikan elektabilitas keduanya.

Kemudian, ada Anies Baswedan di urutan ketiga dengan suara sebesar 21,5%. Lalu, sejumlah tokoh lainnya memiliki suara yang cukup rendah dibandingkan tiga tokoh di atas.

Seperti Erick Thohir dengan suara 1,8%, Airlangga Hartarto 1,7%, Puan Maharani 1,2%, Muhaimin Iskandar 0,3%, dan tidak menjawab 9,7%.

Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 1.220 orang berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah sepanjang 11-17 April 2023. Penarikan sampel dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error dalam survei ini sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Ganjar Pranowo Unggul dalam Simulasi 10 Nama Calon Presiden Versi Indikator Politik)

Data Populer
Lihat Semua