Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Naik Lagi Setelah Merosot Akibat Tolak Timnas Israel di Piala U20

Politik
1
Cindy Mutia Annur 17/04/2023 15:57 WIB
Elektabilitas Tiga Kandidat Capres Menurut Survei SMRC (April 2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan, elektabilitas kader PDIP, Ganjar Pranowo, kembali naik setelah sempat merosot akibat pernyataan dirinya yang menolak kehadiran Timnas Israel dalam penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Indonesia.

Dalam simulasi survei top of mind, Gubernur Jawa Tengah itu berada di posisi teratas dengan suara 16,5% pada survei 11-14 April 2023 alias pekan kedua bulan ini. Tercatat, ada peningkatan suara Ganjar dari hasil survei 4-7 April 2023 atau pekan pertama bulan ini yang hanya sebesar 13%.

Meski demikian, selisih perolehan suara Ganjar pada pekan kedua bulan ini cukup dekat dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, yang sebanyak 16,3%. Prabowo mengalami pelemahan suara elektabilitas dari sebelumnya sebesar 18,3% pada pekan pertama bulan ini.

Di sisi lain, dukungan suara terhadap Anies Baswedan relatif stagnan dalam dua pekan terakhir. Pada periode pekan pertama bulan ini, elektabilitas Anies sebesar 10,7%. Kemudian, pada pekan kedua bulan ini elektabiltas mantan Gubernur DKI Jakarta itu turun menjadi 9,8%.

Survei SMRC ini dilakukan melalui wawancara telepon terhadap 1.216 responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon seluler pada 11-14 April 2023.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD), yakni teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, diikuti proses validasi dan screening.

Margin of error survei ini diperkirakan sekitar 2,9% serta tingkat kepercayaan 95% dengan asumsi simple random sampling.

(Baca: Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies pada April 2023)

Data Populer
Lihat Semua