10 Menteri Termuda Jokowi, Menpora Dito Ariotedjo Juara

Politik
1
Cindy Mutia Annur 04/04/2023 17:53 WIB
10 Menteri Kabinet Indonesia Maju dengan Usia Termuda (4 April 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Presiden Jokowi melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo alias Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru pada Senin (3/4/2023).

Dito menggantikan posisi Zainudin Amali, yang mengundurkan diri dari posisi Menpora pada awal Maret 2023 karena ia menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Adapun saat ini Dito menjadi menteri termuda Jokowi. Berikut daftar lengkap 10 menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju menurut pantauan Databoks:

1. Dito Ariotedjo

Dito Ariotedjo lahir di Jakarta, 25 September 1990. Ia masih berusia 32 tahun saat dilantik sebagai Menpora. Walaupun masih tergolong muda, Dito sempat menempati sejumlah jabatan strategis.

Di bidang olahraga, ia menjabat sebagai Dewan Penasihat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) masa jabatan 2019-2023.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) itu juga pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina, serta menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Kemudian di bidang politik, ia pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial dan Ormas.

Teranyar, Dito menjabat sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Inovasi DPP Partai Golkar.

2. Nadiem Makarim

Sebelum Dito dilantik, Mendikbudristek Nadiem Makarim menyandang titel menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju. Pendiri startup PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek itu lahir di Singapura, 4 Juli 1984, sehingga kini usianya 38 tahun.

3. Bahlil Lahadalia

Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia lahir di Banda, Maluku Tengah, 7 Agustus 1976. Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini sekarang berusia 46 tahun.

4. Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tercatat lahir di Rembang, Jawa Tengah, 4 Januari 1975. Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor itu saat ini berusia 48 tahun.

5. Abdullah Azwar Anas

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, 6 Agustus 1973. Menteri yang menggantikan Tjahjo Kumolo ini sekarang berusia 49 tahun.

6. Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir lahir di Jakarta, 30 Mei 1970. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu saat ini berusia 52 tahun.  

7. Ida Fauziyah

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah lahir di Mojokerto, Jawa Timur, 17 Juli 1969. Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu tercatat kini berusia 53 tahun.

8. Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kini berusia 53 tahun. Pasangan cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2019 ini tercatat lahir di Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969.

9. Bintang Puspayoga

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga lahir di Denpasar, Bali, 24 November 1968. Politikus PDI Perjuangan tersebut kini telah berusia 54 tahun.

10. Agus Gumiwang

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang lahir di Jakarta, 3 Januari 1969. Mantan Menteri Sosial di Kabinet Kerja Jokowi itu saat ini berusia 54 tahun.

(Baca: Nadiem hingga Johnny Plate, Ini Deretan Menteri Jokowi yang Layak Kena Reshuffle Menurut Survei Populi)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua