Ini Daftar E-commerce yang Paling Dipercaya UMKM di Indonesia, Tokopedia Teratas!

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 16/03/2023 13:53 WIB
Daftar E-commerce yang Paling Dipercaya UMKM di Indonsia (Juni 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei digital dari Telkomsel, tSurvey.id, menunjukkan bahwa Tokopedia menjadi pasar dagang online alias e-commerce yang paling dipercaya oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia pada 2022.

Sebanyak 76% responden mengatakan, mereka melakukan aktivitas penjualan online di Tokopedia. Posisinya disusul oleh Shopee dengan 75% responden berjualan di e-commerce  tersebut.

Di sisi lain, UMKM yang memercayai ­e-commerce Lazada, Bukalapak, dan Blibli lebih sedikit, yaitu di rentang 14% hingga 19%, seperti terlihat pada grafik di atas.

Tak hanya paling dipercaya, tSurvey menunjukkan bahwa Tokopedia juga menjadi e-commerce yang memberikan pengalaman dan pelayanan yang paling memuaskan bagi UMKM ketimbang kompetitor.

Survei itu juga menemukan sejumlah aspek yang menjadikan Tokopedia unggul dibandingkan kompetitornya. Di antaranya karena kemudahan penggunaan (70%), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70%), serta sistem pembayaran yang lengkap (73%).

Rangga Gandina, General Manager Data Solution Sales and Partnership Telkomsel, mengatakan bahwa temuan-temuan pada survei tersebut menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para pelaku UMKM online.

“Maka dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya. Terutama di tengah persaingan ketat antar-platform,” ujar Rangga dari hasil survei, dikutip Kamis (16/3/2023).

Survei ini dilakukan pada 10–24 Juni 2022 terhadap 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel.

Berdasarkan lokasinya, proporsi responden dari Jabodetabek sebanyak 60%, pulau Jawa non-Jabodetabek  30%, dan luar pulau Jawa  10%. Mayoritas atau sebanyak 60% responden merupakan laki-laki, sedangkan 40% adalah perempuan.

(Baca: Awal 2023, Pengunjung E-Commerce Indonesia Menurun)

Data Populer
Lihat Semua