Inilah Merek Televisi Paling Banyak Digunakan Konsumen Indonesia, Ada Favoritmu?

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 22/02/2023 13:29 WIB
Merek Televisi yang Paling Sering Digunakan Responden Setahun Terakhir (Februari 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Televisi merupakan salah satu media informasi dan hiburan bagi masyarakat Indonesia. Pemilihan merek televisi yang tepat menjadi penting bagi konsumen untuk menunjang kenyamanan saat menonton televisi.

Menurut survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC), mayoritas konsumen Indonesia paling banyak menggunakan televisi dengan merek Samsung dan Sharp.

Tercatat, sebanyak masing-masing 32,4% responden mengaku menggunakan televisi dengan merek Samsung dan Sharp dalam setahun terakhir. Selain itu, ada pula 32,2% responden yang menggunakan televisi merek LG pada periode yang sama.

Adapun responden yang menggunakan televisi dengan merek Polytron, Panasonic, Toshiba, Sony, TCL, Xiaomi, Aqua Japan, Sanyo, Akari, Electrolux, Hitachi, dan merek-merek lainnya jauh lebih sedikit, seperti terlihat pada grafik.

Dari segi popularitas, Samsung menempati posisi puncak pada hasil survei tersebut. Lalu, posisinya diikuti oleh LG dan Polytron.

Mayoritas responden memilih menggunakan merek televisi yang harganya terjangkau (60%) dan kualitas gambar lebih baik dari merek lain (57,3%). Di sisi lain, responden yang memilih merek televisi karena layanan purna jual yang baik hanya sebagian kecil (20,8%).

Kurious-KIC mensurvei 581 orang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 49,7% dan perempuan 50,3%.

Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (64,4%), kemudian di Jakarta (14,6%), dan Sumatera (11,4%). Kemudian, responden dari Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua proporsinya lebih kecil (antara 0,5%-3,8%).

Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (30,1%), diikuti kelompok 25-34 tahun (29,4%) dan kelompok 45-54 tahun (23,2%).

Survei dilakukan pada 9 - 20 Februari 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan sekitar 4,06% dan tingkat kepercayaan 95%. Laporan lengkapnya dapat dilihat dan diunduh di tautan ini.

(Baca: Survei Nielsen Indonesia: Mayoritas Pengguna Televisi di RI Berusia 50 Tahun ke Atas)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua