Penetrasi pengguna televisi (TV) di tanah air masih yang terbesar di antara media lainnya di Indonesia, bahkan mengungguli internet. Hal ini berdasarkan hasil survei Nielsen Indonesia bertajuk “Streaming Content Ratings”.
Tercatat, mayoritas pengguna TV di Indonesia berusia 50 tahun ke atas. Persentasenya mencapai 23%.
Kemudian, pada kelompok usia 40-49 tahun, persentase pengguna TV di tanah air sebanyak 18%, penduduk berusia 30-39 tahun sebanyak 21%, usia 20-29 tahun sebanyak 20%, 10-19 tahun sebanyak 19%.
Adapun dari segi gender, mayoritas pengguna TV di Indonesia merupakan perempuan sebanyak 51%, sedangkan laki-laki 49%.
Adapun survei ini dilakukan terhadap 11.500 responden pengguna TV berusia 10 tahun ke atas. Survei dilakukan pada Juni-Agustus 2022 di 11 kota besar di Indonesia.
Kota-kota tersebut terdiri dari Bandung, Banjarmasin, Denpasar, DKI Jakarta, Surabaya, Greater Yogyakarta, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, dan Surakarta.
(Baca: Pengguna Internet Meningkat, Riset Nielsen Indonesia: TV Tetap Nomor Satu)