Kembali Beroperasi pada Februari 2023, Berapa Harga Tiket Kereta Panoramic?

Transportasi & Logistik
1
Cindy Mutia Annur 30/01/2023 17:22 WIB
Harga Tiket Kereta Panoramic Berdasarkan Jenis Argo (Februari 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kereta Panoramic bakal beroperasi kembali pada Februari 2022. Nantinya, masyarakat bisa menjajal rute baru dengan harga tiket mulai Rp350 ribu.

Kereta Panoramic telah diuji coba pertama kali pada 24 Desember 2022, melalui perjalanan KA Taksaka Tambahan dengan rute Jakarta-Yogyakarta. Namun, nantinya rute yang akan beroperasi pada bulan depan berbeda.

Menurut PT KAI, Kereta Panoramic yang akan beroperasi bulan depan hadir dengan rute Jakarta-Bandung dan Bandung-Surabaya. Kereta tersebut akan beroperasi pada rangkaian KA Penumpang Argo Parahyangan (Stasiun Gambir-Bandung PP) dan Argo Wilis (Stasiun Bandung-Gubeng Surabaya PP).

Harga tiket Kereta Panoramic tujuan Jakarta-Bandung dibanderol seharga Rp350 ribu, sedangkan rute Bandung-Surabaya sebesar Rp1,12 juta. Tiket dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, situs resmi KAI, dan seluruh channel penjualan resmi tiket KAI lain.

Adapun Kereta Panoramic adalah kereta pertama di Indonesia dengan sensasi panorama. Kereta api ini memiliki jendela berukuran sangat besar di kedua sisinya. Ada pula atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang bisa dibuka dan ditutup otomatis.

"Ini memberikan sensasi yang berbeda karena (penumpang) bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjajal Kereta Panoramic dikutip dari siaran pers, Sabtu (28/1).

Budi menyebut, ada negara lain yang punya layanan Kereta Panoramic, antara lain Amerika Serikat, Jepang, hingga Swiss. Dengan kehadiran Kereta Panoramic, menurut Budi, warga Indonesia kini tak perlu bepergian jauh keluar negeri untuk merasakan sensasi baru tersebut.

(Baca: Jumlah Penumpang Kereta Api Belum Pulih ke Level Pra-Pandemi)

Data Populer
Lihat Semua