Ini Provinsi dengan Pasar Tenaga Kerja Digital Terbaik 2022

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 26/01/2023 17:50 WIB
Indeks Pekerjaan Digital di 34 Provinsi Indonesia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut Indeks Masyarakat Digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), DKI Jakarta adalah provinsi dengan indeks pekerjaan digital terbaik nasional pada 2022.

Indeks pekerjaan digital mencerminkan kondisi pasar tenaga kerja, diukur berdasarkan data primer dan sekunder terkait permintaan tenaga kerja berketerampilan digital, pelatihan digital yang disediakan perusahaan, tingkat otomatisasi pekerjaan, tren bekerja jarak jauh, proporsi pekerja yang menggunakan internet, serta variasi keterampilan digital pekerja.

Dari agregat seluruh data primer dan sekunder yang dikumpulkan Kominfo, DKI Jakarta mendapat skor indeks pekerjaan digital 52,03.

Kendati angkanya tertinggi nasional, skor tersebut masih tergolong rendah karena penilaiannya menggunakan skala 0-100. Hal ini mengindikasikan bahwa adopsi teknologi digital di dunia bisnis Ibu Kota masih belum merata.

Adapun Microsoft sempat memproyeksikan bahwa lapangan kerja terkait teknologi digital akan terus berkembang di skala global.

Menurut riset Microsoft dan LinkedIn, talenta digital yang paling banyak dibutuhkan dalam beberapa tahun ke depan adalah pekerja bidang pengembangan perangkat lunak (software development).

(Baca: Ini Talenta Digital yang Paling Dibutuhkan di Pasar Kerja Global)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua