Kematian karena Covid-19 di Afrika Seminggu 93 Jiwa, Tertinggi di Maroko

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 10/12/2022 08:39 WIB
10 Negara Terpilih dengan Persentase Kematian Mingguan Tertinggi di Afrika
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Statistik data Covid-19 di Afrika minggu ini sebagian besar negara sudah mencatatkan penurunan angka kematian, berbanding terbalik dengan kondisi sebelumnya di mana angka kematian masih terus terjadi. Pekan ini, dua negara masih mencatatkan penambahan kematian dan tiga negara lainnya mencatatkan kematian namun dengan jumlah yang lebih kecil.

(Baca: Kematian karena Covid-19 Mingguan Indonesia Urutan Ke-3 di Asia)

Secara persentase, lima negara teratas dengan penambahan kematian tertinggi yakni Maroko, Afrika Selatan, Madagaskar, Sudan dan Angola. Total kematian di lima negara tersebut per Jumat, 09 Desember 2022 sebanyak 93 jiwa dengan pertumbuhan mingguan di atas -83,33 persen.

Maroko mencatatkan penambahan kematian tertinggi di Afrika dengan pertumbuhan mingguan mencapai 200 persen. Di negara ini, Worldmeter mencatat jumlah kematian sebanyak tiga jiwa, bertambah dibandingkan pekan sebelumnya yang dilaporkan hanya satu jiwa.

Menyusul Afrika Selatan dengan pertumbuhan kematian secara mingguan mencapai 160,61 persen. Jumlah kematian di negara ini dilaporkan 86 jiwa. Sedangkan untuk statistik harian jumlah kematian terlihat naik 138,89% dibanding hari sebelumnya yang sebanyak 36 jiwa.

Berikutnya, kematian di Madagaskar turun 0%, Sudan dengan kematian dua jiwa (turun 50%) dan kematian di Angola turun 83,33%.

(Baca: Kematian karena Covid-19 di Amerika Seminggu 3.159 Jiwa, Tertinggi di Paraguai)

Sedangkan bila dilihat dari jumlah laporan kematian, angka kematian tujuh hari terakhir tertinggi di Afrika terjadi di Afrika Selatan dengan 86 kematian. Laporan kematian di negara ini naik 160,61% dibandingkan pekan lalu. Selanjutnya dari jumlah yang terbesar Maroko dengan kematian tiga jiwa (naik 200%), Sudan dengan kematian dua jiwa (turun 50%), Madagaskar dengan kematian satu jiwa (angka ini tidak ada perubahan dari sebelumnya) dan Angola dengan kematian satu jiwa (turun 83,33%).

Total kematian di Afrika selama tujuh hari terakhir tercatat 93 jiwa. Angka ini mencakup 1,12 persen kematian secara global yang diakibatkan oleh virus Covid-19 dengan jumlah mencapai 8.276 jiwa. Angka kematian di Afrika tercatat naik dibandingkan akumulasi tujuh hari sebelumnya dengan jumlah 47 jiwa.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.