Indonesia Masuk Daftar 3 Teratas Negara Paling Rawan Bencana di Dunia

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 05/12/2022 13:50 WIB
10 Negara dengan Skor Indeks Risiko Global Tertinggi/ Rawan Bencana (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan World Risk Report 2022 yang dirilis Bündnis Entwicklung Hilft dan IFHV of the Ruhr-University Bochum menunjukkan, Indonesia menjadi negara paling rawan bencana ketiga di dunia.

Skor Indeks Risiko Global (World Risk Index/WRI) Indonesia sebesar 41,46 poin pada 2021. Besarnya skor indeks risiko global tersebut terlihat dari banyaknya angka kejadian bencana alam yang melanda Indonesia dalam setahun terakhir. Seperti teranyar, erupsi Gunung Semeru uang terjadi pada bulan ini dan gempa bumi di Cianjur yang terjadi November 2022 lalu.

Adapun posisi Indonesia berada di bawah Filipina dan India. Kedua negara tersebut memiliki skor indeks risiko global masing-masing sebesar 46,82 poin dan 42,31 poin.

Skor WRI Indonesia terdiri dari lima lingkup. Pertama, lingkup paparan (exposure) bencana dengan skor sebesar 39,89 poin atau masuk kategori sangat tinggi.

Kedua, lingkup kerentanan (vulnerability), Indonesia memperoleh skor sebesar 43,10 poin atau masuk kategori tinggi. Lingkup ini memperhitungkan jumlah pengungsi, pencari suaka, serta masyarakat yang terkena dampak bencana alam dalam lima tahun terakhir.

Ketiga, lingkup kerawanan (susceptibility), Indonesia memiliki skor sebesar 33,48 poin atau masuk kategori tinggi. Keempat, lingkup kurangnya kapasitas penanganan bencana (lack of coping capacities), Indonesia memiliki skor sebesar 50,67 atau masuk kategori sangat tinggi.

Kelima, lingkup terkait kurangnya kapasitas adaptasi terhadap bencana (lack of adaptive capacities). Di lingkup ini, Indonesia memperoleh skor sebesar 47,19 poin atau masuk kategori sedang.

Sementara itu, Kolombia berada di bawah Indonesia dengan skor WRI sebesar 38,37 poin pada 2021. Berikutnya, ada Meksiko yang mencatatkan skor WRI sebesar 37,55 poin pada tahun lalu.

Kemudian, ada pula Myanmar, Mozambik, dan Tiongkok dengan skor WRI masing-masing sebesar 35,49 poin, 34,37 poin dan 28,70 poin. Lalu, Bangladesh dan Pakistan masing-masing memiki skor WRI sebesar 27,90 poin dan 26,75 poin.

(Baca: Belanda Jadi Negara dengan Risiko Banjir Besar Tertinggi di Dunia, Bagaimana RI?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.