Penggunaan Robot Industri Meningkat, Terutama di Pabrik Elektronik

Manufacturer
1
Adi Ahdiat 02/11/2022 15:10 WIB
Volume Instalasi Robot Industri menurut Sektor (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Federasi Robotika Internasional (IFR), sepanjang tahun 2021 ada sekitar 517 ribu unit robot industri baru yang dipasang di seluruh dunia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 74% instalasi dilakukan di pabrik-pabrik kawasan Asia, lalu 26% tersebar di kawasan Eropa dan Amerika.

Negara yang paling banyak melakukan instalasi robot industri pada 2021 adalah Tiongkok, Jepang, dan Amerika Serikat.

Sedangkan sektor pengguna utamanya adalah industri barang elektronik, otomotif, logam dan mesin, plastik dan bahan kimia, serta industri makanan dengan rincian volume instalasi seperti terlihat pada grafik.

"Penggunaan robot dan otomatisasi berkembang dengan kecepatan yang menakjubkan," kata IFR dalam siaran pers perilisan laporan World Robotics pada Oktober 2022.

Jika diakumulasikan, selama periode 2011-2021 sudah ada 3,47 juta unit robot yang beroperasi secara global. IFR pun memproyeksikan tren ini akan terus meningkat di masa depan.

"Naiknya harga energi dan kelangkaan komponen elektronik memang menjadi tantangan bagi semua sektor. Tapi, pesanan robot industri penuh dan permintaannya tak pernah setinggi ini. Instalasi robot industri global diperkirakan akan tumbuh 10% pada tahun 2022," kata IFR.

(Baca: Populasi Robot Industri Global Naik 200% dalam Sedekade)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.