Menurut laporan resmi perusahaan, sepanjang Januari-September 2022 HM Sampoerna telah menjual sekitar 65,6 miliar batang rokok.
Selama periode tersebut ada 4 merek rokok yang menyumbang volume penjualan terbesar, yakni Sampoerna A Mild, Dji Sam Soe, Marlboro, dan Dji Sam Soe Magnum.
Volume penjualan rokok merek-merek tersebut naik dibanding tahun lalu, dengan rincian seperti terlihat pada grafik.
Seiring dengan itu, pada Januari-September 2022 HM Sampoerna meraih penjualan bersih Rp83,39 triliun, naik 15% dibanding periode sama pada tahun lalu.
Namun, beban penjualannya juga meningkat signifikan terutama karena kenaikan cukai. Beban cukai produksi rokok HM Sampoerna pada Januari-September 2022 mencapai Rp50,34 triliun, naik 23,8% atau bertambah Rp9,7 triliun dibanding Januari-September tahun lalu.
Alhasil, selama sembilan bulan pertama tahun ini HM Sampoerna membukukan laba tahun berjalan Rp4,9 triliun, turun dibanding Januari-September 2021 yang nilainya Rp5,5 triliun.
(Baca: Meski Cukai Naik, Rokok HM Sampoerna Makin Laris)