Halodoc, Layanan Telemedicine Paling Favorit untuk Konsultasi Kesehatan Mental

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 27/10/2022 17:30 WIB
Layanan Telemedicine Paling Banyak Digunakan Warga untuk Konsultasi Masalah Kesehatan Mental (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Populix menunjukkan bahwa Halodoc menjadi layanan telemedicine paling favorit di Indonesia untuk berkonsultasi masalah kesehatan mental. Persentasenya mencapai 79%.

Berikutnya, layanan telemedicine Alodokter juga banyak digunakan untuk berkonsultasi masalah kesehatan mental di Indonesia yakni 55%. Kemudian, KlikDokter digunakan oleh 28% responden untuk berkonsultasi isu seputar kesehatan mental.

“Di antara mereka yang telah menggunakan aplikasi telemedicine untuk mengakses layanan kesehatan mental, sebagian besar menggunakan Halodoc, diikuti oleh Alodokter dan KlikDokter,” demikian dikutip dari hasil survei Populix.

Ada pula responden yang mengakses layanan telemedicine Riliv sebanyak 19% terkait masalah kesehatan mental. Diikuti Bicarakain.id, Good Doctor, dan Psikologmu masing-masing digunakan oleh 14% responden.

Lalu, sebanyak 12% responden mengatakan menggunakan layanan telemedicine SehatQ. Sementara itu, ada responden yang menggunakan layanan telemedicine Kalm dan Ibunda untuk berkonsultasi layanan kesehatan mental.

Survei itu juga menunjukkan bahwa alasan responden memilih layanan telemedicine untuk berkonsultasi masalah kesehatan mental karena mudah diakses (87%), bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja (76%), harga terjangkau (63%), privasi terjamin (61%), menemukan solusi terbaik (40%), dan ada pula yang mengikuti tren (15%).

Adapun survei ini dilakukan melalui aplikasi Populix pada 16-17 September 2022 terhadap 1.005 responden berusia 18-54 tahun di seluruh Indonesia. Mayoritas responden adalah pekerja (60,5%) dan pelajar (26%) dengan status lajang (50%) dan 40% menikah.

(Baca: Alasan Warga Gunakan Telemedik, dari Hemat Waktu sampai Hemat Biaya)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua