Kekayaan PM Baru Inggris Lebihi Ratu Elizabeth II, Intip Orang Terkaya di Inggris 2022

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Annissa Mutia 25/10/2022 15:40 WIB
Daftar Orang Terkaya Inggris Berdasarkan The Sunday Times 2022
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Rishi Sunak menjadi sorotan setelah dinobatkan sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru. Selain menjadi perdana menteri termuda selama lebih dari 200 tahun, Sunak juga disebut menjadi penghuni 10 Downing Street pertama yang lebih kaya dari Keluarga Kerajaan Inggris di Istana Buckingham. 

Menurut The Washington Post, orang Inggris terbiasa dipimpin oleh para elit, seperti Boris Johnson, tetapi Sunak bukan orang kaya biasa, dia sangat kaya, sehingga publik bertanya-tanya apakah kekayaannya yang besar membuatnya terlalu kaya untuk menjadi perdana menteri.

Pendukungnya mengatakan justru latar belakangnya sebagai banker dan tahun-tahun yang dihabiskan untuk menghasilkan uang membuatnya memenuhi syarat untuk memimpin negara yang sangat rusak selama masa-masa yang penuh gejolak ekonomi ini.

Sunak, yang seorang mantan bankir, dan istrinya, pewaris teknologi India Akshata Murty, diperkirakan memiliki kekayaan sekitar £730 juta (US$830 juta atau sekitar Rp12,8 triliun dengan asumsi kurs Rp 17.627), menurut The Sunday Times Rich List. Pada daftar tahun ini, sebagai perbandingan, Ratu Elizabeth II diperkirakan memiliki sekitar 370 juta pound ($420 juta).

Kekayaan pasangan itu terutama berasal dari saham Murty di perusahaan ayahnya, Infosys. Dia juga memiliki inkubator start-up Catamaran Ventures UK dan memiliki saham di sekitar setengah lusin perusahaan lain. Pasangan itu memiliki setidaknya tiga rumah di Inggris, serta properti Santa Monica, California, senilai sekitar US$6 juta.

Sri dan Gopi Hinduja dinobatkan sebagai orang terkaya di Inggris, dengan perkiraan kekayaan £28,5 miliar, terbesar yang tercatat dalam 34 tahun daftar orang kaya. Posisi kedua ditempati Sir James Dyson dengan kekayaan £23 miliar.

Berikut daftar orang terkaya di Inggris 2022:

1. Sri and Gopi Hinduja and family £28.472 miliar
2. Sir James Dyson and family £23 miliar
3. David and Simon Reuben and family £22.265 miliar
4. Sir Leonard Blavatnik £20bn
5. Guillaume Pousaz £19.259 miliar
6. Lakshmi Mittal and family £17 miliar
7. Guy, George, Alannah and Galen Weston and family £13.5 miliar
8. Kirsten and Jorn Rausing £12 miliar
9. Charlene de Carvalho-Heineken and Michel de Carvalho £11.421 miliar
10. Michael Platt £10 miliar

(baca: Liz Truss Jadi PM Inggris dengan Masa Jabatan Tersingkat Sepanjang Sejarah)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua