Ini Merek Obat dan Vitamin yang Citranya Lekat dengan Idol Korea Selatan

Produk Konsumen
1
Adi Ahdiat 19/10/2022 10:20 WIB
Merek Produk Obat-obatan dan Multivitamin yang Membuat Responden Teringat pada Artis Korea Selatan (Juni 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ada banyak artis K-Pop dan K-Drama yang menjadi brand ambassador untuk berbagai jenis produk konsumen. Untuk kelompok produk obat-obatan dan multivitamin, merek yang paling banyak diasosiasikan dengan idol Korea Selatan adalah Realfood.

Menurut survei Katadata Insight Center (KIC), produk Realfood membuat penggemar hiburan Korea Selatan di Indonesia teringat pada aktor K-Drama Song Kang. Ada cukup banyak juga responden yang mengasosiasikan boyband BTS dengan produk obat-obatan dan multivitamin merek Lemona.

"Kolaborasi Realfood dengan Song Kang dan Lemona dengan BTS merupakan yang paling banyak diingat. Pada produk obat-obatan dan multivitamin hanya muncul 6 merek dan idola, sementara beberapa responden lupa nama merek atau nama idolanya," jelas KIC dalam laporannya.

Survei KIC juga menemukan bahwa mayoritas penggemar artis Korea Selatan di Indonesia lebih mempertimbangkan harga, diskon, serta ulasan konsumen dalam berbelanja. Sedangkan penggemar yang membeli produk karena diiklankan oleh idolanya hanya sedikit.

Survei ini dilakukan KIC terhadap 1.609 orang penyuka hiburan Korea Selatan di seluruh wilayah Indonesia. Namun, responden yang teringat pada artis Korea Selatan saat melihat produk obat-obatan dan multivitamin hanya 29 orang.

Responden didominasi oleh Generasi Z (usia 17-25 tahun) serta Milenial (usia 26-41 tahun), dan mayoritasnya berasal dari kelas ekonomi-sosial menengah ke bawah. Laporan survei lengkapnya dapat diunduh di tautan ini.

(Baca: Promosi Produk Lewat Idol K-Pop, Efektif atau Tidak?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua