Ini Perusahaan Chipset Smartphone dengan Pangsa Pasar Terbesar Dunia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 12/10/2022 15:20 WIB
Pangsa Pasar Chipset Smartphone Global (Kuartal II-2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

MediaTek merupakan perusahaan chipset smartphone terbaik di dunia. Ini terlihat dari laporan riset Counterpoint yang menunjukkan, perusahaan chipset asal Tiongkok ini memiliki pangsa pasar terbesar dunia sebesar 39% pada kuartal II-2022.

Counterpoint mengatakan, besarnya pangsa pasar chipset ponsel pintar Mediatek didorong ketergantungan perusahaan yang relatif lebih besar terhadap segmen smartphone kelas menengah dan bawah.

“MediaTek mendominasi segmen harga grosir tingkat menengah ke bawah ($100-$299), didorong oleh seri Dimensity 700 dan Dimensity 900,” demikian dikutip dari siaran pers Counterpoint pada Senin (12/10).

Meski demikian, Counterpoint melanjutkan, situasi ekonomi makro saat ini serta kelebihan persediaan peranglkat saat ini bakal menyebabkan pangsa pasar yang melemah pada kuartal III-2022.

Bahkan, pangsa pasar chipset MediaTek tercatat menurun dari kuartal II-2022 yang sebesar 42%. “Ini terjadi karena pengurangan pesanan dari OEM Tiongkok, penyesuaian inventaris pelanggan yang sedang berlangsung, kondisi makroekonomi global, pasar Tiongkok yang lemah, dan sentimen negatif konsumen yang diperkirakan terus berlanjut,” ujar Counterpoint.

Sementara, di peringkat kedua chipset smartphone global ditempati oleh produsen Qualcomm dengan pangsa pasar 29%. Diikuti oleh Apple (14%), UNISOC (11%), Samsung (6%), dan HiSilicon/Huawei (0%).

Adapun chipset memiliki fungsi untuk mengatur tugas komputasi dan menghubungkan berbagai hardware di dalam ponsel. Perangkat ini berperan penting dalam menghubungkan CPU, GPU, memori, GPS, dan lainnya.

(Baca: Ini Produsen Mikrocip dengan Pendapatan Terbesar pada 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.