Kepedulian Warga RI pada Politik Tergolong Rendah di ASEAN

Demografi
1
Adi Ahdiat 10/10/2022 14:50 WIB
Pandangan Warga ASEAN tentang Politik (2017-2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kepedulian warga Indonesia pada politik tergolong rendah di ASEAN. Hal ini tercermin dari laporan World Values Survey (WVS), lembaga riset internasional yang berkantor pusat di Austria.

Dari hasil survei selama periode 2017-2022, WVS menemukan responden Indonesia yang menganggap politik sangat penting hanya 19,2%. Kemudian yang menganggap politik punya manfaat penting ada 25%.

Di sisi lain mayoritas atau 41,3% responden Indonesia mengganggap politik tidak terlalu penting, dan 12,8% menilai politik sangat tidak penting.

Responden Indonesia yang memandang politik sangat tidak penting itu proporsinya paling besar di antara negara ASEAN lain yang disurvei, seperti terlihat pada grafik.

Adapun negara ASEAN yang warganya paling peduli pada politik adalah Filipina, di mana 39% respondennya menilai politik sangat penting bagi kehidupan mereka.

WVS juga menemukan sebanyak 49,5% responden Indonesia tidak pernah mendiskusikan isu-isu politik dengan temannya. Proporsi itu juga merupakan yang paling besar dibanding negara-negara tetangga.

(Baca: Berapa Banyak Warga yang Percaya Partai Politik? Ini Hasil Surveinya)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.