Google: Potensi Ekonomi Digital Indonesia Terbesar di Asia Tenggara

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Annissa Mutia 21/09/2022 14:20 WIB
Potensi Digital Ekonomi Negara Asia Tenggara Menurut Total Nilai Penjualan (US$ Miliar)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Potensi ekonomi digital Indonesia pada tahun 2025 akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, menurut Google, Temasek, Bain & Company. Pada 2025, nilainya diprediksi tumbuh hingga mencapai US$146 miliar.

Pada tahun 2021, pontensi ekonomi Indonesia senilai US$70 miliar. Dengan demikian, pada tahun 2025 mendatang pertumbuhannya lebih dari 100%. 

Menyusul Indonesia, peningkatan nilai penjualan ekonomi digital Vietnam dan Thailand diproyeksi akan bersaing. Google, Temasek, Bain & Company meramalkan nilai potensi ekonomi digital Thailand naik menjadi US$56 miliar. Sementara Vietnam hanya berbeda tipis dengan nilai mencapai US$57 miliar. 

Adapun, negara potensi ekonomi digital terendah yaitu Singapura dengan kenaikan dari US$15 miliar di 2021 menjadi US$27 miliar.

Menurut studi CELIOS Bersama Pluang, faktor yang menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara, yaitu kemunculan aplikasi-aplikasi investasi ritel, integrasi dengan platform pembayaran, adanya kode referral untuk menarik pengguna, dan modal awal yang rendah dan biaya transaksi yang murah.

(baca: 10 Negara yang Warganya Banyak Pakai Layanan Pembayaran Seluler)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.