Viral Nikah Beda Agama di Jaksel, Berapa Angka Pernikahan di DKI Jakarta?

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 16/09/2022 12:30 WIB
Jumlah Pernikahan di DKI Jakarta Berdasarkan Wilayahnya (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Baru-baru ini, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan dikabarkan memberikan izin kepada pasangan beda agama untuk mencatatkan pernikahannya di Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Selatan. Hal ini lantas langsung viral di kalangan netizen, lantaran selama ini penikahan beda agama dilarang di Indonesia.

Hakim tunggal PN Jakarta Selatan Arlandi Triyogo mengabulkan permohonan pernikahan pasangan beda agama berinisial DRS yang beragama kristen dan pasangannya, JN yang beragama Islam.

"Menetapkan, memberikan izin kepada para pemohon untuk mendaftarkan perkawinannya di Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan," ujar Arlandi dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

DRS dan JN merupakan salah satu contoh pasangan yang bakal menambah daftar pernikahan yang tercatat di DKI Jakarta pada tahun ini. Lantas, berapa banyak pasangan yang menikah di DKI Jakarta dalam setahun terakhir?

Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, jumlah pernikahan di DKI Jakarta mencapai 48.302 pernikahan pada 2021.

Jakarta Timur merupakan wilayah yang mencatatkan jumlah pernikahan terbanyak di Ibu Kota sepanjang tahun lalu. Jumlahnya sebanyak 14.343 pernikahan.

Jakarta Selatan menempati peringkat kedua dengan jumlah pernikahan terbanyak berikutnya sebanyak 12.822 pernikahan. Diikuti oleh Jakarta Barat yakni sebanyak 9.214 pernikahan.

Berikutnya, jumlah pernikahan yang terjadi di Jakarta Utara yakni sebanyak 6.867 pernikahan pada tahun lalu. Lalu, sebanyak 4.859 pernikahan tercatat terjadi di Jakarta Pusat.

Sementara, jumlah pernikahan di Kepulauan Seribu merupakan yang paling sedikit di DKI Jakarta pada 2021. Jumlahnya hanya sebanyak 197 pernikahan.

(Baca: Tren Pernikahan di Indonesia Kian Menurun dalam 10 Tahun Terakhir)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua